Salin Artikel

Sosok Lifter Aceh Zul Ilmi Peraih Medali Emas SEA Games 2021: Pekerja Keras hingga Tulang Punggung Keluarga

BANDA ACEH,KOMPAS.com - Lifter Muhammad Zul Ilmi, warga Kabupaten Aceh Besar, menyumbangkan medali emas ke-60 bagi Indonesia di ajang SEA Games 2021. 

Zul Ilmi mengharumkan nama Indonesia melalui cabang olahraga (cabor) angkat besi.

Effendi Eria, pelatih angkat besi Aceh mengatakan, emas yang diraih merupakan buah dari hasil kerja keras Zul Ilmi sejak mengenal dan berlatih angkat besi 2012 lalu.

"Alhamdulillah saya bangga. Terharu anak didik kami berhasil meraih medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 yang berlangsung di  Hanoi Sports Training and Competition Center, Vietnam," kata Effendi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/5/2022).

Di mata Effendi, Zul Ilmi merupakan sosok anak yang disiplin dan super keras. Bahkan sejak awal bergabung dengannya pada akhir 2012 saat Zul duduk di bangku kelas II SMA.

"Dia mengenal dunia angkat besi dan berlatih dengan kami pada akhir tahun 2012, anaknya memang sangat keras dan disiplin untuk latihan angkat," tutur dia.

Sebelum bergabung berlatih menjadi atlet angkat besi, lifter asal Aceh Besar itu sebelumnya atlet sepak bola.

Namun karena senang angkat besi dan memiliki bakat, ia masuk dalam binaan Diklat PPLPD Dispora Aceh untuk  beralih menjadi atlet angkat besi.

Sebelum bergabung dengan Pelatnas, Zul Ilmi pernah meraih prestasi di even dalam negeri. Begitu gabung ke Pelatnas tahun 2021, prestasinya meningkat.

"Dia saya bawa ke Pelatnas, kalau tidak salah Maret 2021, sudah dua tahun ya dia di sana, karena latihan kerasnya selama bergabung dengan kami makanya dia bisa ke  Pelatnas," sebutnya.

Selain sebagai atlet, Zul Ilmu juga tercatat sebagai mahasiswa Universitas Serambi Mekah program studi Olah Raga.

"Selama di Pelatnas dia tetap kuliah online dan insya Allah bulan Juni 2022 ini dia wisuda, mungkin hadiah terbaik dia tahun ini," ungkapnya.

Di keluarga, anak pasangan Hasannuddin (almarhum) dan Fitriani Gampong Bayu warga Darul Imarah, Aceh Besar tersebut, tulang punggung keluarga.

"Zul Ilmi tulang punggung keluarga, dia anak pertama dari tiga bersaudara," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/05/22/181322278/sosok-lifter-aceh-zul-ilmi-peraih-medali-emas-sea-games-2021-pekerja-keras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke