Salin Artikel

Viral, Video Aksi Balap Liar Pemuda Diamuk Warga di Solo, Ini Kata Polisi

SOLO, KOMPAS.com - Aksi dugaan balap liar sepeda motor berknalpot brong diamuk warga di lampu merah Kleco, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Dalam video yang beredar di media sosial Instagram @pawartoskartasura, menunjukkan diduga sekumpulan pemuda bakal melakukan aksi balap liar di kawasan tersebut.

Nahasnya, sebelum melakukan aksinya itu, tampak kedua pengendara sepeda motor berknalpot brong ditendang dan dihampiri sekumpulan warga.

Kemudian langsung terjadi adu pukul antarkedua kelompok.

Tampak dua pengendara sepeda motor sempat tersungkur berserta sepeda motornya, kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (21/5/2022), malam.

Saat dikonfirmasi, Relawan Pawartos Denny, mengatakan video tersebut dikirim secara langsung oleh followers-nya pada Minggu (22/5/2022) dini hari.

"Jadi setiap Jumat malam dan Sabtu malam biasanya ada kegiatan motor berknalpot brong berhenti di lampu merah, gebar-geber melaju dengan kecepatan tinggi. Itu mungkin warga sudah resah jadi kemungkinan warga main hakim sendiri," kata Denny, saat dikonfirmasi, Minggu (22/5/2022).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Laweyan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Galuh Pandu Pandega, membenarkan adanya dugaan aksi balap liar di kawasan tersebut.

"Belum ada laporan ke Polsek. Tapi ini tetap kami tindak lanjuti, Ini anggota kami masih penyelidikan di lokasi," kata AKP Galuh Pandu Pandega saat dikonfirmasi, Minggu.

Untuk antisipasi adanya kejadian serupa, Galuh mengimbau masyarakat saat berkendara lebih memperhatikan kelengkapan berkendara sesuai standar.

"Pengendara motor yang menggunakan knalpot brong, mohon untuk tertib jangan sampai mengganggu ketertiban masyarakat. Untuk antisipasi tindakan hal serupa," jelasnya.

Terpisah di lokasi berbeda, Tim Sparta (Sang Penjaga Surakarta) Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Samapta) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Solo, melakukan razia knalpot brong di Jalan Ir. Juanda Jebres, Kota Solo, Minggu sekitar pukul 01.30 WIB.

Setelah adanya laporan akan terjadi aksi balap liar dikawasan tersebut, Tim Sparta mengamankan 12 sepeda motor berknalpot brong beserta pengendaranya di kawasan tersebut.

"Mereka kedapatan nongkrong dan kita lakukan pengecekan ternyata sepeda motor yang mereka bawa berknalpot brong dan ditengarai bakal kebut-kebutan," kata Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polresta Solo, Kompol Dani Permana Putra.

"Selanjutnya pengendara beserta sepeda motornya yang berjumlah sebanyak 12 unit kita amankan dan selanjutnya di gelandang ke Mako Sat Lantas Polresta Surakarta untuk dilakukan penindakan sesuai prosedur," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/22/134452878/viral-video-aksi-balap-liar-pemuda-diamuk-warga-di-solo-ini-kata-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke