Salin Artikel

Patok Liar Mendadak Muncul di Kawasan Sekitar IKN

Kepala Adat Paser Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Sahnan (53) mengatakan patok-patok itu sengaja dipasang oleh orang yang tak bertanggung jawab.

"Mereka patok niatnya coba-coba. Kalau enggak ada yang larang, ya lanjut (jadi hak milik)," ungkap Sahnan saat ditemui tim Kompas.com di kediamannya di Mentawir, Sabtu (22/5/2022) sore.

Tim Kompas.com, Fabian Januarius Kuwado, Ardi Priyatno Utomo, dan Zakarias Demon Daton sempat menemukan ada patok yang terpasang di tepi jalan saat keluar dari Mentawir.

Di patok tersebut tertulis sebuah nama. Adapun jarak Mentawir ke titik nol IKN kurang lebih 12 kilometer.

Sahnan menyatakan, patok liar itu bahkan menyasar hingga ke tanah adat maupun konsesi perusahaan. Namun, langkah tersebut segera dihentikan oleh warga saat melakukan patroli atas tanah mereka.

"Yang patok itu bukan warga sini, tapi dari luar daerah, mereka dari Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Samarinda. Mereka mau jual beli tanah itu," kata dia.

Sebagai antisipasi, Sahnan bersama warga melakukan pengawasan. Mereka juga memantau agar kawasan mangrove yang jadi ikon Mentawir bebas dari klaim hak milik itu.

"Sejauh ini kawasan mangrove masih aman. Karena banyak nelayan masih lalu lalang cari ikan di situ," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/22/095618278/patok-liar-mendadak-muncul-di-kawasan-sekitar-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke