Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Sopir Tertidur Lelap Saat Bus Kecelakaan di Tol Mojokerto | Pria di Lamongan Aniaya Selingkuhan

KOMPAS.com - Kecelakaan maut bus di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Jawa Timur (Jatim), Senin (16/5/2022), diduga disebabkan sopir tertidur lelap dua menit saat mengemudi.

Menurut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sopir bus pariwisata itu, Ade Firmansyah, diduga mengalami deep sleep.

Dalam kondisi tertidur pulas, bus PO Ardiansyah yang dikemudikan Ade menabrak guardrail hingga akhirnya terhenti usai menghantam tiang variable message sign (VMS).

Berita lainnya, seorang warga Desa Sungegeneng, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jatim, ditangkap usai menganiaya selingkuhannya.

Pelaku berinisial FA (31) menganiaya seorang perempuan berinisial K (29) pada Minggu (15/5/2022) malam.

F menganiaya K lantaran selingkuhannya itu menolak ajakan F untuk menikah dengannya.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Jumat (20/5/2022).

Sopir bus PO Ardiansyah, Ade Firmansyah, diduga mengalami deep sleep selama dua menit saat kecelakaan maut terjadi di Tol Sumo.

Ketua Sub Komite Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT Ahmad Wildan mengatakan, sebelum bus menghantam tiang VMS, bus sempat bergesekan dengan guardrail sekitar 100 meter.

"Sebenarnya bukan micro sleep ini, bisa jadi deep sleep dia, (sopir) jadi tertidur, sehingga ketika kendaraan menabrak guardrail dan segala macam sampai menabrak batu fondasi VMS hingga ban pecah, dia tidak terasa, jadi benar-benar pulas," ujarnya.

Fenomena deep sleep berbeda dengan micro sleep. Deep sleep berlangsung lebih lama daripada micro sleep yang hanya beberapa detik.

"Ini deep sleep. Kenapa? karena hampir dua menit. Artinya guardrail sudah bekerja, tapi orangnya tidak sadar-sadar dan baru sadar ketika kendaraan bus menabrak VMS setelah terjadi kecelakaan," ucapnya.

Baca selengkapnya: Sopir Bus yang Alami Kecelakaan Tol Sumo Disebut Tertidur Lelap 2 Menit, Sudah Berstatus Tersangka

Gara-gara ajakan menikahnya ditolak, seorang pria di Kabupaten Lamongan menganiaya selingkuhannya.

Akibat kejadian tersebut, pelaku yang berinisial F dilaporkan ke polisi oleh korban, K.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Deket AKP Sri Iswati menjelaskan, F menganiaya K menggunakan tangan kosong.

"Kejadiannya berlangsung di kos-kosan korban yang berada di Dusun Nginjen, Desa Pandanpancur, Kecamatan Deket. Diketahui oleh saksi Nastain dan Sukarjo," ungkapnya.

F menganiaya K lantaran emosi ajakan menikahnya ditolak oleh korban.

Baca selengkapnya: Ajakan Menikah Ditolak, Pria di Lamongan Aniaya Selingkuhan

Wagiman (70), salah satu warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat uang miliaran rupiah dari pemerintah.

Uang tersebut merupakan ganti rugi tanah miliknya seluas 1.300 hektar yang terdampak proyek pembangunan Waduk Bener.

“Saya sangat senang karena belum pernah mendapat uang segitu banyak. Saya dapat satu miliar dari lahan seluas 1.300 ha,” tuturnya, Jumat.

Ia menjelaskan, uang yang sudah masuk ke rekening bank bakal dipkai untuk membangun rumah.

“Nanti mau dibelikan lahan sama dibagikan kepada lima anak saya. Selain itu, mau dibuat bangun rumah. Dari dulu ingin sekali bangun rumah, tapi tidak pernah punya uang. Rumah saya sejak 1985 ini kondisinya sudah rusak dan bocor. Saya tidak menyangka dapat membangun rumah. Rasanya marem (rasanya puas),” terangnya.

Baca selengkapnya: Tanahnya Diganti Rugi Miliaran Rupiah oleh Pemerintah, Warga Wadas Mendadak Jadi Miliarder

Seorang siswi sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan seorang sopir angkot.

Peristiwa tersebut terjadi di dalam angkot Cijenuk-Cililin.

Terkait kejadian ini, Dinas Perhubungan (Dishub) KBB akan mencabut izin operasi angkot tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Dishub KBB Lukmanul Hakim.

"Pemilik angkot akan kita beri sanksi administratif berupa pencabutan izin (operasi). Sebab ini merupakan kelalaian pengusaha angkutan," tandasnya, Jumat.

Mengenai sanksi terhadap pelaku, Lukman menyampaikan bahwa Dishub menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

Baca selengkapnya: Siswi SMP di Bandung Barat Diperkosa di Angkot, Dishub Cabut Izin Operasi Kendaraan Itu

Seorang pilot yang diduga berselingkuh dengan pramugari di sebuah kamar hotel di Surabaya, Jatim, digerebek oleh istrinya pada Kamis (19/5/2022) dini hari.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan menerangkan, penggerebekan dilakukan oleh sang istri pilot beserta keluarganya.

"Sang istri tidak sendirian, tapi mengajak keluarga dan kerabatnya untuk menggerebek suaminya," jelasnya, Kamis.

Usai penggerebekan itu, istri pilot tersebut kemudian membuat laporan ke Polrestabes Surabaya.

Akhmad menuturkan, pasangan yang digerebek itu menjalani pemeriksaan oleh tim Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Baca selengkapnya: Usai Gerebek Suami Selingkuh dengan Pramugari, Istri Pilot Lapor Polisi

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Gresik, Hamzah Arfah; Fransisca Andeska Gladiaventa; Kontributor Bandung Barat dan Cimahi, Bagus Puji Panuntun; Kontributor Surabaya, Achmad Faisal | Editor: Pythag Kurniati, Andi Hartik, Mikhael Gerwati, Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2022/05/21/061000078/-populer-nusantara-sopir-tertidur-lelap-saat-bus-kecelakaan-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke