Salin Artikel

Dampak PMK, Harga Daging Segar di Batam Merangkak Naik

BATAM, KOMPAS.com – Harga daging segar di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) perlahan merangkak naik. Hal ini diprediksi akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang berimbas pelarangan masuknya hewan kurban dari Sumatera Selatan dan Lampung.

Satriyo, salah seorang penjual daging segar di Pasar Tiban Centre, Sekupang, Batam mengatakan, saat ini stok daging segar masih aman untuk satu bulan ke depan. Namun, harga jual perlahan naik.

“Kemarin masih Rp 130.000 perkilonya, sekarang sudah menjadi Rp 160.000 perkilonya,” kata Satriyo ditemui di lokasi lapaknya, Jumat (20/5/2022).

Kenaikan ini, sambung dia, dikarenakan stok yang mulai berkurang. Sementara sapi dari luar Kepri terancam tidak bisa masuk. 

Seiring dengan aturan pemerintah terkait pelarangan memasukkan hewan kurban dari Sumatera Selatan dan Lampung akibat penyakit PMK.

“Kami berharap kebijakan ini dapat dikaji ulang. Karena jika tidak, tidak menutup kemungkinan Batam krisis daging segar,” terang Satriyo.

Kembali ia mengatakan, berkurangnya stok juga dipengaruhi akan masuknya perayaan Idul Adha, yang tentunya akan banyak permintaan hewan kurban seperti sapi dan kambing.

Hal serupa disampaikan Uda Joni, pedagang daging es atau daging beku di pasar Tiban Centre. Ia mengaku, harga daging segar dan daging es perlahan meningkat.

"Daging beku juga naik, kemarin masih Rp 55.000 perkilo, sekarang naik menjadi Rp 65.000 perkilonya,” tutur Uda Joni.

Uda Joni mengatakan, kenaikan ini juga diakibatkan tingginya permintaan. Sebab stok daging segar mulai berkurang, permintaan daging es pun perlahan naik.

“Kami berharap mendekati Idul Adha normal, karena meski daging es, stoknya juga sulit, karena masuknya dari luar Indonesia, bukan dari Jakarta,” jelas Uda Joni.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Batam, Mardanis belum berhasil dikonfirmasi terkait stok hewan seperti sapi yang ada saat ini di Batam.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/20/181825078/dampak-pmk-harga-daging-segar-di-batam-merangkak-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke