Salin Artikel

Ladang Ganja di Perbatasan Keerom Papua Diduga Sengaja Ditanam Warga

Kasat Narkoba Polres Keerom AKP Amir Mahmud mengatakan, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut mengenai kepemilikan ladang ganja tersebut.

“Kami duga ini milik warga masyarakat, karena lahan ganja ini berada tak jauh dari jalan besar dan tanaman ganja dalam jumlah yang besar, sehingga diduga memang ada yang menanamnya,” kata Amir kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2022) malam.

Menurut Amir, warga sengaja membawa bibitnya dan menanam di lokasi kebun milik mereka sendiri.

“Ya kami menduga ini pasti ditanam karena pasti mereka membawa bibitnya dan menanam pohon ganja ini di lokasi kebunnya. Tidak mungkin tumbuh sendiri tanaman ganja ini,” katanya.

Amir mengungkapkan, dari barang bukti 21 batang pohon ganja yang diterima dari Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 126/KC Kolakopsrem 172/PWY, tiga di antaranya telah dimusnahkan. 

Pemusnahan tiga tanaman ini sebagai laporan terkait penemuan ladang ganja tersebut. 

Saat ini tersisa 19 batang pohon tanaman ganja yang diamankan Satreskrim Polres Keerom. 

“Ada 19 batang pohon tanaman ganja yang kita amankan di Polres Keerom. Kita akan tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan mengenai kepemilikan barang haram tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Kolakopsrem 172/PWY menemukan ladang ganja seluas kurang lebih 400 meter persegi pada Rabu (19/5/2022).

Ladang ganja itu ditemukan di Jalan Lintas Jayapura Wamena KM 139, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Tanaman ganja itu kemudian diserahkan ke Satuan Narkoba Polres Jayapura untuk penyelidikan lebih lanjut. 

https://regional.kompas.com/read/2022/05/19/221734578/ladang-ganja-di-perbatasan-keerom-papua-diduga-sengaja-ditanam-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke