Salin Artikel

Penumpang Histeris Saat KM Sirimau Berhasil Dievakuasi, Basarnas: Mereka Bahagia

Dalam video yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022), terlihat para penumpang berdiri di depan badan kapal sembari berteriak dan tepuk tangan.

"Mereka merasa senang dan bahagia karena kapal sudah bisa dievakuasi," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana kepada wartawan, Kamis.

Putu mengatakan, para penumpang akan diarahkan kembali menuju Pelabuhan Lewoleba. Selanjutnya pihak Pelni mengecek secara menyeluruh kondisi kapal tersebut.

"Nanti akan dicek mulai dari geladak yang terbawah sampai paling atas. Selain itu pengisian logistik. Karena selama hampir tiga hari logistik di dalam kapal tersebut sudah berkurang," kata Putu.

Ia menjelaskan, sesuai prosedur operasional standar (SOP) yang berlaku, pengecekan harus dilakukan demi keselamatan selama perjalanan.

"Pengecekan kembali harus dilakukan sebelum kapal itu melanjutkan perjalanan ke pelabuhan atau tujuan pelabuhan yang berikutnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Lewoleba, Kabupaten Lembata, Abdul Syukur Muklis mengatakan, pengecekan kapal tersebut akan melibatkan tim teknis dari Surabaya.

"Akan diperiksa oleh tim survey under water (survei bawah air) dari Surabaya. Nanti pas mereka datang kita akan cek kondisi kapal," ujar Syukur saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis.

Hasil pemeriksaan itu akan menentukan apakah kapal akan melanjutkan perjalanan atau tidak.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/19/153152378/penumpang-histeris-saat-km-sirimau-berhasil-dievakuasi-basarnas-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke