Salin Artikel

"Crazy Rich" asal Brebes Hadiahkan 19 Unit Motor demi Sukseskan Pilkades, Calon yang Kalah Dihadiahi N-Max

Hal itu setelah salah satu warga kelahiran desa setempat, Windu Aji Suranto atau yang akrab disapa WAS memberikan hadiah atau doorprize berupa 19 unit sepeda motor untuk meningkatkan partisipasi warga menggunakan hak pilihnya.

Windu yang seorang pengusaha tambang Nikel di Jakarta disebut tak terikat atau menjadi pendukung salah satu calon kepala desa yang berkompetisi.

Juru bicara dari Windu, Nanang Sunatmo mengatakan, Windu menyediakan 19 sepeda motor untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkades tahun ini.

Dari jumlah itu, 18 unit di antaranya akan diundi untuk warga di tiap rukun tetangga setelah penghitungan suara Pilkades rampung.

"Sedangkan 1 Yamaha N-Max akan diberiman untuk calon kepala desa yang kalah," kata Nanang, kepada wartawan, pada Rabu (18/5/2022).

Nanang menegaskan, pihaknya tidak membela salah satu calon kades, namun mengayomi kedua calon dan setiap pendukungnya.

Hal itu dilakukan agar tanah kelahirannya tetap aman dan damai.

"Tidak ada unsur intervensi apapun kecuali untuk mendongkrak partisipasi pemilih. Intinya hadiah yang disediakan dari putra asli Wangandalem dan untuk warga Wangandalem," kata Nanang.

Nanang mengatakan, selain menyediakan doorprize 19 unit motor, Windu juga menggaji tim sukses kedua calon kepala desa yang bersaing.

Hal itu dilakukan agar nantinya kepala desa terpilih tidak merasa terbebani atau hutang budi.

Dengan begitu, kepala desa terpilih akan bisa bekerja fokus dalam membangun desa. 

Sebagai informasi, Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes ada dua calon yang sedang berkompetisi menduduki jabatan kepala desa.


Nomor urut 1 yakni Siswondo dan Nomor urut 2 yakni incumbent Mamur Rosidin.

Seperti diketahui, sedikitnya 43 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (18/5/2022).

Ada salah satu desa yang unik untuk menarik minat warga menggunakan hak pilihnya.

Yakni menyediakan 19 unit sepeda motor sebagai doorprize untuk gelaran Pilkades di Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes.

Perwakilan Event Organizer (EO) Nur Ahmad Tashadi mengungkapkan, doorprize 19 unit sepeda motor diberikan seorang dermawan asli desa setempat yang saat ini menjadi pengusaha di Jakarta.

"Beliau ingin di desa tempat kelahirannya aman dan damai tanpa ada keributan antar warga. Kepada calon kades yang bersaing untuk siap menang dan siap kalah. Begitu harapan yang memberikan doorprize," kata Nur Ahmad, kepada wartawan, Rabu.

Perwakilan EO lainnya, Wahyu Ririn Erawati Sartono mengatakan, doorprize semarak Pilkades Wangandalem, terpisah dari panitia pemilihan penyelenggara kepala desa.

Wahyu Ririn menuturkan, pemberian doorprize agar jumlah pemilih yang mencoblos di TPS bisa seratus persen dari daftar pemilih tetap (DPT). 

"Harapannya bisa 100 persen pemilih datang ke TPS, untuk menentukan hak pilihnya. Termasuk pemberian doorprize dengan cara diundi agar penyelenggaraan Pilkades aman," pungkas Wahyu Ririn.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/19/050300678/-crazy-rich-asal-brebes-hadiahkan-19-unit-motor-demi-sukseskan-pilkades

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke