Salin Artikel

Rambah Dunia Metaverse, RSUD Kardinah Kota Tegal Rilis Kardinah Tegal Verse

Direktur RSUD Kardinah drg. Agus Dwi Sulistyantono mengatakan, program tersebut merupakan upaya mengimplementasikan metaverse dalam ranah pelayanan dan informasi kesehatan, serta edukasi masyarakat seperti heritage.

"Kardinah Tegal Verse menjadi petunjuk mengenai berbagai layanan, lokasi, serta berbagai informasi mengenai RSUD Kardinah yang dapat digunakan melalui perangkat telepon pintar android," kata Agus, saat launching Kardinah Tegalverse, di aula RSUD Kardinah, Rabu (18/5/2022).

Dijelaskan Agus, aplikasi program Kardinah Tegal Verse dapat diunduh di Play Store dengan nama Kardinah Virtual Experience.

Melalui aplikasi tersebut, pengunjung cukup memindai berbagai gambar yang berada di berbagai sudut rumah sakit dan akan muncul bentuk tiga dimensi secara interaktif di layar smartphone.

Agus berharap, program tersebut salah satunya dapat menjadi pelopor dalam memberikan suguhan berupa Rumah Sakit Heritage kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat yang datang ke sini bukan hanya untuk berobat tetapi bisa juga untuk belajar wisata sejarah," ujar Agus.

Agus menambahkan, Kardinah Tegal Verse merupakan satu kesatuan dari program "Gawe Seneng" yang menjadi jargon RSUD Kardinah Kota Tegal.

Dalam program "Gawe Seneng" selain Kardinah Tegalverse, terdapat layanan lain seperti inovasi Sistem Digitalisasi (Sigita), dan Sistem Pengantaran Obat "Tombo Teko, Loro Lunggo".

"Kemudian ada juga Sekolah Kardinah, serta Baca Rana yaitu pembacaan hasil radiologi, dan Janji Siaga Dokter yang merupakan fakta integritas para dokter," pungkas Agus.


Sementara Wali Kota Tegal Dedy Yon mengaku mengapresiasi inovasi yang dilakukan dalam rangka memberikan layanan prima.

Dedy pun meminta agar program tersebut selalu dipelihara agar bisa berjalan dengan baik dan maksimal dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kardinah Tegal Verse merupakan inovasi pelayanan berobat dengan memanfaatkan teknologi metaverse, sehingga masyarakat yang berobat bisa terlayani dengan baik dan nyaman," ujar Dedy.

Dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Tegal, kata Dedy memang harus terus menerus melakukan inovasi.

"Tidak ada kata selesai untuk berinovasi, lakukan terus inovasi tiada henti termasuk di bidang tekonologi harus semakin baik," pungkas Dedy.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/18/170323878/rambah-dunia-metaverse-rsud-kardinah-kota-tegal-rilis-kardinah-tegal-verse

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke