Salin Artikel

Gempa M 6,0 di Pulau Enggano, Belum Ada Laporan Kerusakan

BENGKULU, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 6,0 magnitudo terjadi di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Selasa (17/5/2022), pukul 01.58 WIB.

Hingga saat ini belum ada laporan masyarakat mengenai korban dan kerusakan bangunan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu Khristian Hermansyah.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bengkulu Utara, hasilnya belum ada laporan korban dan kerusakan bangunan dari masyarakat pascagempa," kata Khristian Hermansyah dalam keterangannya pada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Sementara itu, Camat Enggano Susanto menyebutkan kondisi masyarakat di pulau terluar Bengkulu itu dalam keadaan aman dan kondusif.

"Guncangan memang terasa, namun kita bersyukur tidak ada kerusakan bangunan dan tidak ada korban jiwa. Kondisi tetap kondusif," jelas Susanto.

Guncangan gempa pada dini hari tersebut membuat sejumlah warga Kota Bengkulu terkejut. Guncangan sempat terasa kuat namun berlangsung singkat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut berlokasi di laut pada jarak 51 kilometer arah barat daya Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, dari kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa ini, kata Litman, berdampak dan dirasakan di daerah Kota Bengkulu dengan skala MMI, III - IV, III - IV Kabupaten Bengkulu Utara, III Kabupaten Kepahiang, III Kabupaten Rejang Lebong, dan skala IV-V di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/17/113826378/gempa-m-60-di-pulau-enggano-belum-ada-laporan-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke