Salin Artikel

Ganjar Pranowo: Waisak 2022 Momentum Bangkitkan Semangat

MAGELANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 menjadi momentum untuk kembali membangkitkan semangat umat, setelah absen dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Setelah dua tahun kelenger, ke mana-mana (tidak bisa) hari ini perayaan Waisak 2022 berjalan baik dan puncaknya nanti malam. Harapannya bisa jadi semangat," ujar Ganjar, kepada wartawan di kawasan Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022).

Perayaan hari besar umat Buddha secara nasional dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022).

Setidaknya 1.200 umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. 

Menurut Ganjar, rangkaian kegiatan Tri Suci Waisak 2566 BE berjalan dengan baik, meskipun jumlah peserta dibatasi tidak sebanyak pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

"Saya melihat kemeriahannya. Sengaja melihat persiapan mereka dan ternyata berjalan dengan baik meskipun dengan pembatasan karena hanya 1.200 orang. Tapi alhamdulillah semua bisa tertib," lanjut Ganjar. 

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan ucapan selamat hari raya Waisak kepada masyarakat yang merayakan. Dia berharap masyarakat berbahagia meskipun perayaan masih dibatasi karena situasi pandemi belum pulih betul.

"Saya mewakili warga Jawa Tengah mengucapkan selamat Waisak. Panitia kemarin menyampaikan ingin lebih besar lagi dan mengundang dari banyak negara, tapi karena situasinya belum pulih betul. Oke jumlahnya bertambah, tapi tetap dibatasi," tutur Ganjar. 

Untuk diketahui, perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 sudah dimulai sejak 17 Mei 2022 dengan berbagai kegiatan antara lain bakti sosial di Taman Makam Pahlawan (TMP) di seluruh Indonesia, pembagian paket sembako untuk warga sekitar Candi Mendut dan Candi Borobudur, pengambilan api abadi di Mrapen Purwodadi, pengambilan air suci di Umbul Jumprit Temanggung, prosesi penyemayaman api abadi dan air suci di Candi Mendut. 

Puncak acara adalah Dharma Shanti di Taman Lumbini Candi Borobudur dan pelepasan ribuan lampion pada Senin (16/5/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/05/16/214713878/ganjar-pranowo-waisak-2022-momentum-bangkitkan-semangat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke