Salin Artikel

Melihat Perayaan Waisak di Desa Terpencil Mareje, Lombok Barat

Salah satunya di Desa Mareje, desa yang terpencil yang berada di pegunungan di Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jarak dari Desa Mareje dengan pusat Kabupaten Lombok Barat sekitar 20 kilometer dengan jalan yang menanjak.

Sepanjang jalan menuju Desa Mareje, tersaji pemandangan sawah terasering hijau dan beberapa pohon di bukit yang mengapit jalan.

Setidaknya ada  empat wihara umat Buddha di Desa Mareje, salah satu yang dikunjungi Kompas.com yakni Vihara Avalokitesvara yang berada di Dusun Ganjar.

Ratusan umat Buddha tampak berkumpul melaksanakan acara Waisak, di antaranya mengelilingi wihara sebanyak tiga kali dan pembacaan kitab suci.

Salah seorang pengurus Vihara Avalokitesvara, Padrap yang juga merupakan guru sekolah minggu Buddha Desa Mareje mengungkapkan, ia dan para jemaah sangat bersemangat memperingati perayaan Waisak meski berada di kampung yang terpencil.

"Kami bisa menggambarkan bahwa ajaran kebenaran yang diajarkan oleh guru Agung junjungan kita sang Buddha Gautama bahwa tidak ditentukan oleh lokasi apakah di perkotaan ataukah di daerah terpencil, bahkan seperti yang kita rasakan pada saat ini Desa Mareje secara geografis terletak pada pegunungan, namun kami, umat Buddha Sasak sangat antusias begitu semangat untuk menyambut Waisak," ungkap Padrap.

Padrap mengungkapkan agar semua umat, khususnya umat Buddha, dapat menjalin kekeluargaan dan perdamaian.

"Di mana tema Waisak tahun ini menggambarkan kepada kita semua khususnya umat agama Buddha, bahwa kita menanamkan yang disebut dengan cinta kasih secara universal maka dengan sendirinya tumbuh rasa kekeluargaan, rasa kebersamaan, kemudian tercipta persaudaraan," ungkap Padrap.

Padrap berharap, momentum perayaan hari raya Tri Suci Waisak pada tahun ini dapat memberikan kedamaian dan kesejahteraan bagi kehidupan semua makhluk.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/16/131844978/melihat-perayaan-waisak-di-desa-terpencil-mareje-lombok-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke