Salin Artikel

Penjelasan Citilink soal Pesawat Rute Banjarmasin-Jakarta Mendarat di Semarang

Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani Indriastuti mengatakan, pendaratan di Semarang dilakukan pilot pesawat bernomor penerbangan QG 483 karena alasan teknis.

Tidak dijelaskan secara rinci alasan teknis yang dimaksud. Dia hanya memastikan, pendaratan itu dilakukan sesuai prosedur.

"Pilot memutuskan tindakan sesuai prosedur dengan mendaratkan pesawat dengan normal di bandara terdekat yaitu Bandara Ahmad Yani Semarang pada pukul 12.36 waktu setempat (WIB) demi alasan keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Diah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Penumpang pesawat itu kemudian dialihkan ke pesawat lain untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Menurut Diah, seluruh penumpang sudah tiba di Jakarta dengan selamat pada 18.58 WIB.

"Citilink telah melaksanakan prosedur delay management dengan memberikan kompensasi kepada penumpang berupa voucher dan serve on ground sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Diah. 

Diah meminta maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan ini. Dia memastikan keamanan menjadi prioritas utama Citilink.

Sebagai informasi, pendaratan yang berlangsung ini terjadi karena pesawat Airbus A320 itu mengalami kerusakan salah satu mesinnya.

General Manager AirNav Indonesia Cabang Semarang Mi'wan Muhammad Bunay mengatakan, pesawat itu mendarat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani pukul 12.32 WIB.

"Salah satu mesinnya mengalami kerusakan sehingga harus mendarat darurat di Bandara Internasional Jenderal A Yani Semarang, pendaratan berjalan aman dan baik," kata Mi'wan saat dihubungi, Minggu, seperti dilansir ANTARA.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Heri Trisno Wibowo menambahkan, seluruh penumpang pesawat Citilink yang mendarat darurat dalam kondisi selamat.

"Sebanyak 146 orang penumpang Citilink selamat," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/15/214220978/penjelasan-citilink-soal-pesawat-rute-banjarmasin-jakarta-mendarat-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke