Salin Artikel

Ratusan Sapi di Babel Terjangkit PMK, Lokasi Karantina Disiapkan

Kepolisian bersama stakeholder terkait memastikan upaya pencegahan dilakukan sejak dini agar tidak terjadi penularan yang masif jelang hari raya kurban, Idul Adha.

Hal ini menindaklanjuti Surat Telegram Kapolri tentang mendukung pemerintah dalam rangka darurat penanganan PMK pada hewan ternak.

Peninjauan lokasi karantina yang telah terisi sejumlah sapi dipimpin langsung Kapolda Bangka Belitung Irjen Yan Sultra, Sabtu (14/5/2022).

"Kapolda bersama Dir Krimsus dan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang mengecek langsung lokasi karantina hewan ternak sapi di Air Anyir," kata Kabid Humas Polda, Kombes Maladi seusai peninjauan, Sabtu.

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Pangan dan Pertanian Provinsi Bangka Belitung per tanggal 11 Mei 2022, ada 887 hewan ternak sapi yang terkonfirmasi PMK di Pulau Bangka.

Hal tersebut berdasar uji 16 sampel suspek PMK (PCR) dan gejala klinis yang sama dengan yang terkonfirmasi PMK.

"Nantinya mengoptimalkan peran Bahabinkamtibmas bersama dengan penyuluh peternakan untuk edukasi masyarakat bahwa PMK tidak berbahaya dan tidak menular pada manusia," ujar Maladi.

Lebih lanjut, jajaran juga diperintahkan mem-backup secara penuh Gugus Tugas dalam upaya penanggulangan penyebaran PMK agar tetap terisolasi di daerah yang ditetapkan wabah.

Selain itu, mendampingi petugas dalam melaksanakan tindakan pengendalian dan penanggulangan PMK seperti pencegahan, pengamanan, dan pengobatan hewan.

"Kita akan membantu Gugus Tugas Penanganan terhadap seluruh rangkaian kegiatan di Kabupaten dan Kota serta akan melakukan kordinasi dengan dinas terkait," terangnya.

Sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor STR/395/OPS/2022 tertanggal 11 Mei 2022 kepada seluruh jajaran Polda berisi arahan dalam rangka darurat penanganan PMK hewan ternak ruminansia.

Dalam arahan tersebut, Polda jajaran diminta melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan berkaitan data penyebaran PMK dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah masuknya hewan ruminansia dari daerah yang dinyatakan wabah PMK sehingga dapat diminimalisasi penyebabnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/15/072245078/ratusan-sapi-di-babel-terjangkit-pmk-lokasi-karantina-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke