Salin Artikel

Polisi Masih Periksa Sejumlah Saksi dalam Kasus Dugaan Keracunan Menu Buka Bersama di Solo

Dugaan keracunan terjadi pada Minggu (30/4/2022), dengan korban 49 orang warga Kota Solo, dan 12 orang warga Kabupaten Karanganyar, JawaTengah.

"Ada 7 saksi lainnya yang masih kita lakukan pemeriksaan. Untuk Olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) sudah dilaksanakan," jelas Kepala Polresta Solo (Kapolresta) Solo, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ade Safri Simanjuntak, saat di Mapolresta Solo, Jumat (13/5/2022).

Sebelumnya, Polresta Solo telah memeriksa 27 saksi berkaitan dengan kasus dugaan keracunan massal tersebut.

Hingga kini, Polresta Solo belum menetapkan tersangka dalam kasus ini karena masih menunggu hasil hasil Tim Laboratorium Forensik (Labfor), Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng).

"Kita menunggu hasil laboratoris dari bahan makanan yang sudah kami ajukan. Ada beberapa sampel. Baik itu menu buka puasa yang dimakan dan juga unsur sambal," jelas Ade.

Ade menjelaskan, hasil dari Tim Labfor akan menunjukkan penyebab para korban mengalami gejala keracunan seperti muntah, lemas dan diare.

"Semuanya akan kita lihat dari hasil pemeriksaan. Baru nanti kita sinergikan dengan penyelidikan dan penyidikan petugas," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga mengalami gejala keracunan setelah menyantap menu buka puasa bersama, dua hari sebelum Lebaran 2022. Mereka memakan menu olahan ayam yang dibungkus dalam boks.

Keesokan harinya pada Minggu (1/5/2022) siang, ada 49 warga yang mengalami gejala keracunan seperti muntah, mual dan pusing. Para warga tersebut dilarikan di Rumah Sakit Peduli Solo dan Rumah Sakit Moewardi Kota Solo.

Karena kondisi diperkirakan mulai membaik, 48 orang diperbolehkan menjalani perawatan di rumah, pada Minggu (1/5/2022) sore. Sedangkan 1 warga di rawat Rumah Sakit Moewardi.

Namun, pada Minggu (1/5/2022) malam, belasan warga dibawa ke rumah sakit karena kondisi mereka kembali memburuk.

Ada 12 warga yang kembali dibawa ke di Rumah Sakit Moewardi, Rumah Sakit Hermina dan rumah sakit Kota Solo lainnya.

Pada Senin (2/5/2022), korban keracunan tak hanya di wilayah Pucang Sawit, Kota Solo.

Akan tetapi, menyebar ke kawasan Dusun Kricikan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Sebanyak 15 warga mengalami gejala keracunan setelah mendapat menu buka bersama yang dibawa ustaz dari masjid di kawasan Pucang Sawit.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/13/212645678/polisi-masih-periksa-sejumlah-saksi-dalam-kasus-dugaan-keracunan-menu-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke