Salin Artikel

4 Ekor Sapi di Rembang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto mengatakan, temuan tersebut didapat setelah hasil uji laboratorium dari sapi yang penyakitnya menyerupai PMK telah keluar.

“Hari Minggu tanggal 8 Mei ada empat ekor sapi di Kecamatan Kaliori diambil sampel karena suspek PMK. Kemarin hari Selasa keluar hasilnya dan dinyatakan positif PMK,” ucap Agus saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (13/5/2022).

Agus menjelaskan penyakit PMK muncul ketika peternak membeli dua ekor sapi dari wilayah Jawa Timur.

Kemudian penyakit tersebut menular pada 2 ekor sapi lainnya yang dimiliki oleh peternak.

Saat ini kondisi 4 ekor sapi yang terjangkit PMK sudah dalam kondisi membaik.

Agus menyebut penyakit PMK sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Hanya saja, penyebarannya yang sangat cepat yang perlu menjadi perhatian.

“Berdasarkan penuturan ahli memang penyebarannya sangat tinggi, diatas 90 persen. Maka kita harus hati-hati dalam hal ini,” kata dia.

Penyakit PMK, lanjut dia, bisa menular antar ternak atau melalui manusia, pakan ataupun kotoran hewan.

Sementara sapi yang terjangkit PMK memiliki gejala demam, luka di mulut seperti sariawan, air liur berlebihan, dan ada luka atau pembengkakan pada kuku.

“Sepanjang penyakitnya diketahui lebih dini kemudian segera diobati, insya allah aman, sembuh,” ujar dia.


Mengingat potensi penyebaran PMK yang sangat besar, maka pihaknya mengusulkan agar pasar hewan ditutup sementara waktu untuk menghindari penyebaran penyakit tersebut secara masif.

“Kami mengusulkan saja pada pimpinan untuk nanti dirapatkan secara lintas sektoral untuk diambil keputusan tersebut," terang dia.

Sekadar diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan dua daerah yang dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten di Jawa Timur.

Untuk Jawa Timur, kabupaten yang dilanda penyakit tersebut antara lain, Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Mojokerto.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/13/103734578/4-ekor-sapi-di-rembang-terjangkit-penyakit-mulut-dan-kuku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke