Salin Artikel

Antisipasi Kasus Hepatitis Akut, Semua Puskesmas di Kota Ambon Gencar Lakukan Skrining

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon, Maluku, mulai menentukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran kasus hepatitis akut. Salah satunya adalah meningkatkan pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, salah satu langkah antisipasi yang saat ini dilakukan yakni dengan menginstruksikan seluruh puskesmas di Ambon untuk melakukan skrining kepada setiap anak.

“Skrining dilakukan di seluruh puskesmas di Kota Ambon, jadi apabila ada pasien datang dengan keluhan atau gejala hepatitis, seperti muntah, mual, disertai demam langsung ditangani,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya temuan kasus hepatisis akut di Kota Ambon. Meski begitu, langkah deteksi dini sebagai bentuk pencegahan terus dilakukan guna mengantisipasi penyakit tersebut.

“Laporan kasus hepatisis akut ini belum ada, namun puskesmas tetap lakukan skrining. Jika ada pasien dengan keluhan atau gejala tersebut maka akan diantisipasi, bila perlu dirujuk ke rumah sakit,” katanya.

Dia menjelaskan, hepatitis bukanlah jenis penyakit baru. Peradangan hati atau liver ini telah dikenal memiliki banyak tipe yakni hepatitis A hingga hepatitis E, bahkan untuk bayi yang baru lahir, telah diberikan imuniasi hepatitis yakni HB 0 hingga HB 4.

“Namun untuk kasus hepatitis akut ini tidak termasuk dalam tipe manapun, sehingga disebut hepatitis misterius dan menurut laporan lebih banyak menyerang anak hingga usia 16 tahun. Jadi apabila ada anak yang datang dengan gejala hepatitis harus diwaspadai,” terangnya.

Wendy mengajak warga Kota Ambon untuk tetap mentaati protokol kesehatan karena virus penyebab hepatitis ini bisa menular melalui droplet, saluran pencernaan, maupun kontak fisik dengan penderita.

“Tetap disiplin protokol kesehatan sebagaimana yang kita lakukan, yakni dengan memakai masker, selalu mencuci tangan, serta menghindari kontak fisik,” kata dia.

Ia juga meminta warga selalu memasak makanan hingga benar-benar matang, dan bagi para orangtua agar menyiapkan bekal dan peralatan anak masing-masing agar tidak bercampur dengan orang lain yang berpotensi menularkan penyakit tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/12/192629978/antisipasi-kasus-hepatitis-akut-semua-puskesmas-di-kota-ambon-gencar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke