Salin Artikel

SD dan SMP di Kota Magelang PTM 100 Persen, Jam Belajar Berangsur Normal

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Papa Riyadi menjelaskan, PTM 100 persen ini berlaku bagi seluruh siswa jenjang SD dan SMP.

Dia mengatakan pelaksanaan PTM 100 persen didasarkan pada beberapa hal. Di antaranya  Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan pelaksanaan PPKM level 2 di Kota Magelang. Selain itu juga sudah terpenuhinya capaian vaksinasi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan seluruh siswa serta orang tuanya. 

Kemudian capaian vaksinasi dosis lengkap lansia di Kota Magelang sudah lebih dari 60 persen. Sementara untuk para guru sudah 100 persen, sedangkan siswa sampai dosis kedua kisaran lebih dari 90 persen.

"Jam pelajaran pada PTM 100 persen sekarang ini sudah berangsur normal, seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda. Untuk tingkat SMP tetap 8 jam sehari, dengan durasi waktu per jamnya adalah 40 menit," jelas Papa, Kamis (12/5/2022).

"Kemudian untuk SD, tetap 8 jam, tapi durasi per jam 35 menit,” lanjut Papa.

Kendati demikian, siswa dan sekolah harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagaimana aturan yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19.

Adanya pemberlakuan PTM 100 persen ini, maka kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi guru sudah tidak berlaku lagi. Guru yang dalam kondisi sehat diwajibkan untuk hadir ke sekolah untuk mengajar.

"Semuanya sudah WFO (work from office). Karena siswanya sudah lengkap, jadi gurunya pun harus lengkap,” tuturnya.

Menurut Papa, pemberlakuan PTM 100 persen ini disambut bahagia para siswa dan orang tua siswa. Pasalnya, sudah lebih dari dua tahun, mereka terpaksa belajar dari rumah, sehingga tidak jarang tertinggal materi pelajaran.

"Khusus bagi siswa yang kemampuannya belum maksimal, karena terkendala belajar daring, kami sudah mengintruksikan semua guru untuk memberi pelajaran khusus, semacam ekstra atau les khusus,” katanya.

Siswa yang disebutnya, mempunyai kebutuhan khusus,setiap hari berhak mendapatkan pelajaran tambahan, seperti membaca, menulis, dan berhitung.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/12/120831978/sd-dan-smp-di-kota-magelang-ptm-100-persen-jam-belajar-berangsur-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke