Salin Artikel

Margo Redjo, Pabrik Kopi Tertua di Semarang yang Masih Kokoh Berdiri

SEMARANG, KOMPAS.com - Siapa sangka, ternyata Kota Semarang merupakan salah satu pemasok kopi nusantara terbesar pada tahun 1929-an.

Sebuah artikel terbitan De Locomotief pada 2 Oktober 1947 menyebutkan, pada tahun 1929, Semarang mampu memasok 326 ton atau 69 persen ekspor kopi seluruh Hindia-Belanda.

Dari jumlah itu, kira-kira 200 ton atau 60 persen kopi yang dipasok berasal dari Margo Redjo, sebuah pabrik kopi bersejarah di daerah Pecinan, tepatnya di Jalan Wotgandul Barat, No. 14 Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Bangunan tua itu yang berumur lebih dari satu abad itu letaknya tersembunyi, tak ada plang papan nama di pinggir jalan sebagai penanda bangunan. Dari depan yang terlihat hanyalah bangunan bertembok putih, dengan pintu besi abu sebagai jalan masuk.

Bangunan itu kini disebut sebagai rumah penyangrai yang menyajikan berbagai biji kopi dari ujung Sabang hingga Merauke.

Generasi ketiga pengelola Margo Redjo yang sekarang bernama Dharma Botique Roastery, Widayat Basuki Dharmowiyono, mengatakan, awalnya pabrik kopi ini didirikan di Cimahi, Jawa Barat oleh kakeknya, bernama Tan Tiong le.

Selang sembilan tahun, Tan Tiong le memindahkan pabriknya ke kota kelahirannya, Semarang.

"Dulu sebelum berbisnis kopi, sudah mencoba berbagai jenis usaha. Ada roti dan kayu," tutur Basuki kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Sembari bercerita, Basuki berjalan menuju pabrik kopi tua yang letaknya tepat di belakang rumah penyangrai biji kopi.

Bangunannya tidaklah megah. Namun ketika masuk ke dalam, pengunjung akan melihat dua mesin penyangrai biji kopi berukuran besar.

Mesin utama, berkapasitas 100 kilogram dalam satu kali beroperasi. Sedangkan satu mesin lainnya, berkapasitas 60 kilogram.

Di seberangnya, ada pula tiga mesin penggiling kopi yang tidak lagi beroperasi.

Basuki menuturkan, dua mesin penyangrai itu sudah tidak beroperasi sejak tahun 1970-an. Hal ini lantaran sudah tidak ada bahan bakar gas batu bara.

"Dari awal dipasang sampai sekarang, mesin-mesinnya masih ada dan tidak pernah dipindah-pindah. Dari dulu masih disini," kata Basuki sambil menunjuk mesin.

Hebatnya, hasil kopi dari mesin-mesin tua itu pernah berhasil mengekspor sejumlah pasokan kopi hingga ke Malaysia dan Singapura.

Namun pada tahun 1930, terjadi krisis ekonomi dan tak lama kemudian juga terjadi perang. Alhasil, produksi pabrik semakin menurun.

Hingga saat ini, Dharma Boutique Roastery belum melakukan ekspor lagi dan fokus pada penjualan kopi dalam negeri saja.

"Etalase kami menawarkan berbagai jenis kopi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Ternyata, banyak masyarakat yang mencari," ujar Basuki.

Sementara itu, Basuki mengatakan, ada salah satu keunikan roastery kopi miliknya. Dalam hal ini kopi yang dipilih pengunjung, akan diolah dengan mesin penyangrai berukuran kecil.

Hebatnya, mesin tersebut juga berumur lebih dari 100 tahun dan masih berfungsi dengan baik.

"Justru sekarang hanya bisa pakai mesin yang kecil itu untuk menyangrai. Ada satu mesin lagi, yang sedikit lebih besar," ungkap Basuki.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/11/190410078/margo-redjo-pabrik-kopi-tertua-di-semarang-yang-masih-kokoh-berdiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke