Salin Artikel

Gempa M 5,4 Guncang Seram Bagian Barat, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, pusat gempa berada di Laut Banda dengan titik koordinat 5,92 Lintang Selatan dan 128,36 Bujur Timur atau berjarak 86 kilomter arah selatan Huamual, Seram Bagian Barat.

Gempa tersebut merupakan jenis gempa dalam dengan jarak 349 kilometer di bawah permukaan laut. Adapun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Meski berada pada kedalaman yang sangat jauh, namun gempa tersebut ikut dirasakan getarannya oleh warga di wilayah Huamual Seram Bagian Barat hingga di Amahai, Maluku Tengah dengan skala II-III MMI.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seram Bagian Barat, Thomas Wattimena yang dikonfirmasi Kompas.com mengungkapkan, gempa yang terjadi pukul 10.43 WIT itu sempat dirasakan getarannya oleh warga di wilayah tersebut meski tidak terlalu besar.

“Ada guncangan tapi tidak terlalu terasa,” kata Thomas via telepon seluler, Selasa.

Thomas menuturkan, pasca-gempa tersebut, ia langsung memerintahkan anak buahnya untuk memantau guna memastikan ada atau tidaknya dampak kerusakan dari gempa yang terjadi.

“Tadi saya sudah suruh anak-anak cek tadi siang, kebetulan tidak terlalu terasa, tidak terdampak,” katanya.

Selain itu, Thomas mengaku pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pemerintah desa di Kecamatan Huamual terkait dampak gempa tersebut.

“Namun sampai sore tadi belum ada laporan kerusakan. Kalau dilihat gempanya kan dalam sekali jadi kemungkinan berdampak keruskaan sangat kecil, dan kita berdoa semoga tidak ada kerusakan,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan dari BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di wilayah itu merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/10/182157878/gempa-m-54-guncang-seram-bagian-barat-bpbd-sebut-tak-ada-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke