Salin Artikel

Bayi 2 Bulan di Sumbar Meninggal Diduga Hepatitis Akut, Ini Kata IDAI dan Dinkes

PADANG, KOMPAS.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Dinas Kesehatan Sumatera Barat belum bisa memastikan penyebab kematian bayi dua bulan yang diduga terjangkit hepatitis akut misterius.

"Kita belum bisa pastikan penyebabnya. Status bayi tersebut masih pending atau ditangguhkan," kata Ketua IDAI Sumbar Finny Fitry Yani kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022) di Padang.

Berkaitan dengan penyakit hepatitis akut misterius yang baru-baru ini menggemparkan seluruh negeri, Finny mengakui, ahli kesehatan di seluruh dunia masih mempelajarinya.

"Virus apa penyebabnya dan bagaimana cara penularannya belum diketahui. Apakah melalui udara, makanan, atau lainnya itu yang belum jelas," kata Finny.

Namun yang jelas, kata Finny, penyakit ini memiliki gejala demam, diare, mual, muntah, gangguan saluran cerna hingga tubuh menguning.

"Penyakitnya sangat akut dan tubuh dalam waktu cepat, menguning, sehingga risiko kematian menjadi tinggi," kata Finny.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar mengatakan kasus tersebut masih suspek karena membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, pasien meninggal dunia sebelum dilakukan pemeriksaan.

"Ini kasus suspek, ya. Baru diduga. Ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan, tapi anaknya keburu meninggal. Dan pemeriksaan itu baru kita dapat dari Ikatan Dokter Anak Indonesia baru beberapa hari lalu,” kata Lila.

Lila mengatakan, gejala yang dialami bayi tersebut memang mirip dengan gejala hepatitis misterius.

"Dia seperti hepatitis A. Tapi ternyata tidak cocok pemeriksaan laboratoriumnya dengan hepatitis A sehingga kita menyebutnya sebagai hepatitis unknown etiology," jelas Lila.

Sebelumnya diberitakan, seorang bayi berumur dua bulan asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat meninggal dunia diduga karena penyakit hepatitis misterius.

Bayi tersebut sempat dirujuk dari Puskesmas di Solok, RSUD sebelum dirawat di RS Hermina Padang dan akhirnya meninggal dunia pada 2 Mei 2022 lalu.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/10/114510978/bayi-2-bulan-di-sumbar-meninggal-diduga-hepatitis-akut-ini-kata-idai-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke