Salin Artikel

Situasi Pelabuhan Merak di Puncak Arus Balik, Masih 369.000 Orang Belum Balik ke Pulau Jawa

CILEGON, KOMPAS.com - Situasi arus balik di Pelabuhan Merak, Banten pada Minggu (8/5/2022) terpantau lengang. Padahal, hari ini diprediksi puncak arus balik Lebaran 2022.

Pantauan Kompas.com pukul 12.30 WIB kantong parkir di 7 dermaga yang beroprasi di Pelabuhan Merak tak ada kepadatan kendaraan maupun penumpang.

Arus lalu lintas di jalur arteri maupun tol yang mengarah ke Pelabuhan Merak terpantau lengang.

Kendaraan yang akan masuk langsung dicek tiket yang telah dipesan melalui Ferizy oleh petugas loket pemeriksaan.

Kendaraan yang datang bisa langsung masuk ke dalam kapal tanpa menunggu lama, jenis kendaraan didominasi mobil pribadi.

Sementara itu, arus kendaraan yang turun dari kapal terpantau ramai lancar siang ini.

Kapal dari Bakauhuni ke Merak yang bongkar di 7 dermaga dipenuhi oleh kendaraan pemudik yang akan kembali ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry, realisasi produksi penumpang secara akumulatif yang telah kembali ke Pulau Sumatera mulai tanggal 3 Mei sampai 7 Mei 2022 sebanyak 252.120 orang.

Sementara jumlah penumpang yang berangkat dari Bakauhuni mulai H-10 sampai H sebanyak 393.421 orang.


Belum kembali ke Pulau Jawa

Sementara itu, pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa sebanyak 369.247 orang dari total penumpang saat arus mudik sebanyak 894.063 orang.

Untuk kendaraan yang belum kembali sebanyak 90.299 unit dari total kendaraan yang menyebrang ke Bakauhuni saat arus mudik sebanyak 209.460 unit kendaraan.

PT ASDP Indonesia Ferry sebelumnya telah memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Merak terjadi pada 7-8 Mei 2022.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan arus balik dengan baik mengingat sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan.

"Pastikan pemudik membeli tiket feri hanya di website & Aplikasi FERIZY.com atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamaret, Agen BRILink dan Agen Finpay. Pastikan sudah membeli tiket minimal 1 hari atau maksimal 60 hari sebelum keberangkatan," ujar Shelvy melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu, Shelvy meminta para calon penumpang untuk mengatur waktu kedatangan tiga jam sebelum waktu masuk pelabuhan yang sudah dipilih.

"Pastikan protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan dengan baik," ujar Shelvy.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/08/132240078/situasi-pelabuhan-merak-di-puncak-arus-balik-masih-369000-orang-belum-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke