Salin Artikel

Jalan Kaki Sejauh 95 Kilometer, 22 Warga Baduy Dalam Malam Ini Bertemu "Bapak Gede"

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 22 warga suku Baduy Dalam melakukan perjalanan dari pedalaman Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten sejauh 95 kilometer untuk bertemu Bapak Gede atau Gubernur Banten, Wahidin Halim, Sabtu (7/5/2022).

Perjalanan jauh itu untuk mengikuti ritual Seba Baduy atau berkunjung ke Pemerintah, baik di Kabupaten Lebak maupun Provinsi Banten.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Bara Hudaya mengatakan, sebanyak 158 warga Baduy Dalam dan Baduy Luar sudah tiba di gedung Negara Banten, Kota Serang.

"Tadi sesuai laporan, warga Baduy Luar yang mengikuti Seba Baduy tahun ini ada 136 orang, sedangkan Baduy Dalam ada 22 orang," kata Bara kepada Kompas.com di Serang, Sabtu.

Dikatakan Bara, rangkaian acara puncak akan dimulai pukul 19.30 WIB. Seluruh Warga Baduy akan diterima oleh Bapak Gede Gubernur Banten atau Wakilnya.

Pada pertemuan tersebut, perwakilan warga Baduy akan menyerahkan hasil bumi berupa pisang, gula aren, dan yang lainnya kepada Pemerintah Provinsi Banten.

"Penyerahan-penyerahan (hasil bumi) dan doa dari Kokolot (sesepuh) Baduy, ada penyerahan Laksa yang dibawa warga Baduy sebagai ciri khasnya. Itu acara intinya," ujar Bara.

Usai acara inti, Pemerintah Provinsi Banten telah menyiapkan pertunjukan wayang kulit bagi warga Baduy untuk menemani waktu istirahatnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Alhamidi menambahkan, saat ini perwakilan warga Baduy dipimpin Jaro Saija sedang berkunjung ke Museum Banten Lama untuk melihat koleksi benda-benda bersejarah.

Usai kembali dari Banten Lama, Jaro Saija dan warga Baduy akan bertemu menyampaikan permintaannya kepada Bapak Gede.

"Nanti malam yang sudah konfirmasi untuk menemui warga Baduy Pak Wagub (Andika Hazrumy)," ujar Alhamidi.

Dikatakan Alhamidi, tahun ini jumlah warga Baduy yang ikut Seba Baduy lebih banyak dibandingkan dua tahun terakhir dikarenakan situasi pandemi.

"Dua tahun terakhir hanya 20 orang yang ikut Seba Baduy. Tahun ini meningkat dan diharapkan tahun depan lebih banyak lagi karena bertepatan Seba Gede," kata Alhamidi.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/07/151601278/jalan-kaki-sejauh-95-kilometer-22-warga-baduy-dalam-malam-ini-bertemu-bapak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke