Salin Artikel

Pemudik Diminta Balik Lewat Tol Cipali untuk Hindari Kemacetan Parah di Gentong Tasikmalaya dan Limbangan Garut

Kepadatan kendaraan di jalur selatan Jawa Barat akibat meningkatnya volume kendaraan arus balik Lebaran dan arus balik wisata dari Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang baru mau balik ke Bandung dan Jakarta untuk menuju Tol Cipali dan kebetulan di tol tersebut sedang diberlakukan one way. Kemacetan di Gentong Tasikmalaya dan Limbangan Garut, karena kondisi jalan tak bisa menampung intensitas kendaraan," jelas Matrius kepada wartawan di Gentong, Tasikmalaya, Sabtu (7/5/2022).

Matrius menambahkan, saat ini pihaknya bersama jajaran Kepala Polres Bagian Selatan Jawa Barat terus berupaya mengurai kemacetan di Tanjakan Gentong dan Limbangan Garut atau jalur selatan Jawa Barat menuju Cileunyi Bandung.

Salah satunya mengalihkan arus kendaraan dari arah Ciamis ke Singaparna, Salawu, dan Garut Kota, Leles, Kadungora, sampai ke Simpang Nagrek, Bandung.

"Langkah yang diambil adalah melakukan rekayasa lalu lintas bersama jajaran Kapolres jajaran wilayah selatan, satu mengalihkan arus kendaraan ke wilayah Singaparna, Salawu, dan Garut. Kedua, melakukan one way atau penarikan arus kendaraan dari Gentong ke Malangbong Garut yang panjangnya kurang lebih 10 kilometer," tambahnya.

Diperkirakan, peningkatan kendaraan masih akan terus terjadi sampai malam nanti bersamaan dengan selesainya cuti bersama sampai Minggu (8/5/2022) besok.

Adapun jumlah kendaraan terbanyak saat arus balik lewat Gentong Tasikmalaya dan Limbangan Garut tercatat pada Kamis (5/5/2022) mencapai 43.000 kendaraan dan pada Jumat (6/5/2022) sampai 36.000 kendaraan.


"Jumlah kendaraan meningkat lebih dari 5.000 kendaraan perjam nya sampai saat ini," kata dia.

Pantauan Kompas.com di Tanjakan Gentong Tasikmalaya, saat ini masih terjadi kemacetan panjang dua jalur baik ari arah timur ke barat atau dari arah perbatasan Jateng-Jabar ke Bandung dan Jakarta dan sebaliknya dari arah barat ke timur dari arah Bandung ke Tasikmalaya.

Bahkan, beberapa sopir kendaraan lebih memilih turun di kendaraannya karena arus lalu lintas di Tanjakan Gentong sudah tak bisa bergerak sama sekali dan menunggu antrean pemberlakuan satu arah atau one way sampai ke perbatasan Tasikmalaya-Garut di Malangbong.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/07/104000878/pemudik-diminta-balik-lewat-tol-cipali-untuk-hindari-kemacetan-parah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke