Salin Artikel

Ini Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang saat Arus Balik 2022

LAMPUNG, KOMPAS.com - Harga tiket penyeberangan pemudik pada arus balik di Pelabuhan Panjang, Kota Bandar Lampung sama dengan harga tiket di Pelabuhan Bakauheni.

Salah satu pemudik asal Kabupaten Pringsewu, Randi (31) yang menyeberang dari Pelabuhan Panjang mengatakan, harga tiket sama dengan harga tiket online saat dia menyeberang dari Pelabuhan Merak ketika arus mudik kemarin.

"Harga tiketnya sama, Rp 54.000 untuk kapal reguler, tapi belinya langsung di sini, tadi beli tiket di dekat pintu masuk (pelabuhan)," kata Randi di Pelabuhan Panjang, Rabu (4/5/2022).

Randi yang mengendarai sepeda motor bersama istri dan anaknya merasa terbantu karena lokasi Pelabuhan Panjang yang lebih dekat dengan Kabupaten Pringsewu.

Jika ke Pelabuhan Bakauheni memakan waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari Kabupaten Pringsewu, maka untuk ke Pelabuhan Panjang hanya perlu waktu 1-1,5 jam saja.

"Jelas lebih dekat, kalau ke (pelabuhan) Bakauheni jauh, capek di badan," kata Randi.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang, Capt Hendri Ginting mengatakan, harga tiket penyeberangan di Pelabuhan Panjang ini sama dengan harga tiket Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak.

"Harga tiket sama dengan harga yang di Bakauheni-Merak ya," kata Hendri.

Berdasarkan keterangan loket di Pelabuhan Panjang, harga tiket regular kendaraan golongan IV dibanderol Rp 419.000, sepeda motor Rp 54.000 dan pejalan kaki Rp 19.500 per orang.

Tiket penyeberangan di Pelabuhan Panjang ini bisa dibeli secara langsung di loket yang ada di pintu masuk pelabuhan.

Tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni bisa dibeli di rest area

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, masyarakat yang hendak balik sudah bisa membeli tiket dari sekarang.

Menurut Zahwani, selain bisa dibeli online, tiket kapal juga bisa dibeli secara langsung di tiga lokasi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). 

Tiga lokasi di Lampung Selatan itu yakni di RM Siang Malam (Kecamatan Penengahan), RM Tiga Saudara (Kecamatan Ketapang), dan RM Raja Alam.

Selain itu, tiket juga bisa dibeli di Jalan Tol Lampung yakni di rest area Km 49B, Km 87B, dan Km 20B. Tiga rest area ini berada di jalur menuju Pelabuhan Bakauheni.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/04/204413878/ini-harga-tiket-kapal-di-pelabuhan-panjang-saat-arus-balik-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke