Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Kembali Meletus, Asap Membumbung hingga 400 Meter

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Gunung api Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, kembali meletus pada Minggu (1/5/2022).

Hasil pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok, asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100-400 meter teramati di atas puncak kawah.

"Hasil pantauan dari pukul 02.00 Wita - 06.00 Wita, terjadi enam kali gempa letusan, 20 kali gempa embusan, satu kali gempa harmonik, dan empat kali vulkanik dalam" ujar Petugas PGA Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian, melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Stanislaus mengatakan, hingga kini status gunung Ile Lewotolok masih berada di level III atau siaga.

Karena itu, sambung dia, masyarakat di sekitar maupun wisatawan diminta agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak.

"Masyarakat Desa Jontona juga diminta selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak," pintanya.

Stanislaus berujar, mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan maupun gangguan kesehatan lainnya, warga sekitar diharapkan menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Ia menambahkan, hingga kini abu vulkanik jatuh di beberapa sektor di sekeliling Ile Lewotolok.

Oleh karena itu, masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai yang berhulu di puncak agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan.

"Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tidak jelas sumbernya," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/01/193616678/gunung-ile-lewotolok-kembali-meletus-asap-membumbung-hingga-400-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke