Salin Artikel

H-1 Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Lampung Didominasi Pemudik Jarak Dekat

LAMPUNG, KOMPAS.com - Pelabuhan Bakauheni, Lampung, didominasi pemudik jarak dekat pada H-1 Lebaran, Minggu (1/5/2022). Jumlah pemudik juga menurun dibandingkan dengan arus mudik pada dua hari sebelumnya. 

Kebanyakan, pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak daerah tujuannya ada di sekitar Banten. Seperti di Cilegon, Serang ataupun Tangerang.

Dimas Anggara (24), warga asal Kalianda, Lampung Selatan, mengatakan, dia hendak berlebaran di rumah kakak kandungnya yang berada di Serang, Banten.

"Ibu sudah di Serang sejak awal puasa. Jadi saya mau Lebaran di sana, nggak lama, paling Lebaran hari ketiga udah pulang," kata Dimas di Pelabuhan Bakauheni, Minggu.

Hal senada dikatakan Beni Stiawan (34), warga Bandar Lampung. Beni mengaku hendak mudik ke rumah orangtuanya di Tangerang. Karena dekat, Beni memilih H-1 untuk melakukan perjalanan.

"Biar agak santai, biasanya kalau H-1 sudah sepi," kata Beni.

Jumlah pemudik menurun

Berdasarkan data rekap ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni, jumlah pemudik, baik dari Pelabuhan Bakauheni ataupun dari Pelabuhan Merak menurun dibandingkan pada dua hari sebelumnya.

Pada Sabtu (30/4/2022), per pukul 20.00 WIB, jumlah pemudik dari Pelabuhan Merak mencapai 82.270 penumpang dengan kendaraan sebanyak 11.699 unit.

"Jumlah total kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Merak hanya sebanyak 11.699 unit," kata GM ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni, Suharto di Lampung Selatan, Minggu.

Pada Jumat atau H-3 Lebaran, jumlah penumpang dari Pelabuhan Merak mencapai 155.012 penumpang dengan total kendaraan sebanyak 19.152 unit.

Kondisi serupa terjadi pada arus mudik dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Pada H-3 jumlah penumpang tercatat sebanyak  51.234 penumpang. Sedangkan pada H-2 hanya sebanyak 23.696 penumpang.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/01/123508678/h-1-lebaran-pelabuhan-bakauheni-lampung-didominasi-pemudik-jarak-dekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke