Salin Artikel

Capai 3.866 orang, Peningkatan Jumlah Penumpang Pelabuhan Domestik Karimun Terus Terjadi

KEPULAUAN RIAU, KOMPAS.com - Peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau terjadi di H-3 Lebaran, Jumat (29/4/2022) kemarin.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun mencatat kedatangan dan keberangkatan penumpang sebanyak 3.866 orang pada H-3 Lebaran atau per tanggal 29 April 2022.

Sementara H-4 atau tepatnya tanggal 28 April 2022, KSOP Karimun mencatat jumlah penumpang sebanyak 3.254 orang.

"Dari jumlah itu, dapat kami sampaikan adanya kenaikan jumlah penumpang sebanyak 775 orang baik yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun," kata (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi, melalui telepon, pada Minggu (1/5/2022).

Jon mengatakan, bahkan pada pagi ini, kepadatan pemudik terus meningkat.

"Kami memprediksi jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun akan mengalami peningkatan pada hari ini, karena kalau tidak ada halangan besok sudah Lebaran," kata Jon.

Ia mengakui, peningkatan yang terjadi bahkan cukup signifikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut dipicu oleh kebijakan pemerintah yang kembali memberikan kelonggaran terhadap aturan-aturan bagi pelaku perjalanan domestik di tengah pandemi Covid-19.


Salah satunya, pelaku perjalanan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua tidak lagi diwajibkan melampirkan hasil negatif antigen atau PCR.

"Kelonggaran terhadap pelaku perjalanan di Provinsi Kepulauan Riau ini tertuang dalam surat edaran Gubernur Kepulauan Riau Nomor: 690/SET-STC19/IV/2022," papar Jon.

Jon mengimbau kepada seluruh penumpang untuk terus mematuhi protokol kesehatan selama melakukan perjalanan.

Salah satunya, kata dia, penumpang tetap diwajibkan menggunakan masker selama mudik.

"Sekarang pelaku perjalanan yang sudah dosis kedua sampai ketiga tak perlu lagi antigen, kami akan menindaklanjuti kebijakan ini," ucap Jon.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/01/093312678/capai-3866-orang-peningkatan-jumlah-penumpang-pelabuhan-domestik-karimun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke