Salin Artikel

Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Terjadi pada H-3 Lebaran

CILEGON, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, sudah terlewati, yakni pada H-3 Lebaran atau Jumat (29/4/2022).

Listyo menuturkan, pada puncak arus mudik H-3 Lebaran total kendaraan sebanyak 37.656 unit dan jumlah penumpang 155.740 orang.

"Jadi memang kalau kita lihat di H-4 dan H-3 terjadi peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan hari-hari sebelumnya," kata Listyo kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Sabtu (30/4/2022).

"Di mana, puncak arus mudik (di H-3) ada lompatan yang luar biasa di bandingkan (arus mudik) 2019 yang pada saat itu angkanya di 28.000, dan H-3 kemarin, tertinggi ada di 37.000," tutur dia.

Mantan Kapolda Banten itu menjelaskan, daya tampung kendaraan di Pelabuhan Merak yakni 19.000. Namun, pada puncaknya melebihi kapasitas yang tersedia.

"Sehingga mau tidak mau diperlukan adanya rekayasa tambahan. Tadi sudah dijelaskan bahwa ada beberapa penambahan yang awal mula 34 kapal bertambah dan saat ini udah menjadi 44 kapal," ujar Listyo.

Kemudian, lanjut Listyo, ada penambahan tiga dermaga yaitu di pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Pelindo Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Bojonegara Serang.

Dengan upaya itu, Listyo berharap daya tampung bisa bertambah dan mengurai antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

"Ini semua tentunya dipersiapkan untuk melakukan rekayasa agar mempercepat masyarakat yang antre karena kepadatan yang luar biasa untuk bisa segera dicairkan," kata Listyo.

Berdasarkan pantauan udara, Liatyo menyebut antrean di Gerbang Tol Merak sudah menyusut pada sore ini.

"Sudah mulai  bergeser artinya ada kepadatan ada di dalam tol kurang lebih 4-6 Km. Mudah-mudahan penambahan-penambahan ini kita harapkan ini bisa mempercepat proses agar masyarakat bisa segera berangkat dari merak ke Bakauheni," jelasnya.

Namun demikian, semua langkah dan upaya yang dilakukan harus didukung oleh pemudik dengan terlebih dahulu melakukan reservasi tiket sebelum masuk pelabuhan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/30/183317578/kapolri-sebut-puncak-arus-mudik-di-pelabuhan-merak-terjadi-pada-h-3-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke