Salin Artikel

Pelabuhan Merak Macet 8 Jam, Pemudik Sampai Terlewat Jadwal Kapal, padahal Sudah Beli Tiket Jauh-jauh Hari

KOMPAS.com - Antrean kendaraan terjadi di ruas jalan menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (29/4/2022).

Jurnalis Kompas TV, Suherdi, mengatakan, para pemudik telah mengantre lebih dari 8 jam.

Kemacetan bahkan mengular hingga Tol Tangerang-Merak Kilometer 95.

Suherdi menuturkan, gara-gara antrean panjang ini, sejumlah pemudik yang sudah membeli tiket kapal sejak jauh-jauh hari, terlewat jadwal keberangkatan.

Meski demikian, kata Suherdi, pihak PT ASDP Indonesia Ferry tetap akan memberangkatkan pemudik yang terlewat dari jadwal.

“Pihak ASDP tetap akan memberangkatkan meski tidak sesuai jadwal penyeberangan,” ujarnya dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Jumat.

Respons Menteri Perhubungan soal kemacetan di Pelabuhan Merak

Terkait kemacetan di Merak, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta ASDP untuk meningkatkan tata kelola jelang pintu masuk pelabuhan.

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan, Budi juga meminta Polri mengarahkan truk berukuran besar ke Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Di Indah Kiat, sambung Budi, pihaknya akan menambahkan dua kapal sepanjang 200 meter yang bisa memuat 200 unit truk dan 800 unit mobil.

“Sehingga truk-truk yang besar itu bisa ke sana, sehingga terminal yang ada di sini (Merak) bisa digunakan oleh penumpang mudik dengan mobil pribadi,” ucapnya, Jumat, dikutip dari Kompas TV.

Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono menjelaskan, pada arus mudik Lebaran 2022 ini, kendaraan yang datang ke Pelabuhan Merak berkisar 30.000 unit per 24 jam.

"Itu membuat antrean ke kapal penyeberangan roro (roll on-roll off) menjadi panjang," ungkapnya, Jumat, dilansir dari Antara.

Eddy menuturkan, dalam keadaan normal, hanya ada enam sampai tujuh ribu kendaraan yang mengarah ke Pelabuhan Merak tiap hari.

"Hari ini sampai kilometer 98 (tol Tangerang-Merak) masih ada antrean kendaraan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Polda Banten dan pihak ASDP, hal itu karena jumlah kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak juga tinggi," terangnya saat meninjau Pelabuhan Merak.

Wakapolri meminta para pemudik tujuan Sumatera untuk bersabar dalam mengantre. Pasalnya, kuantitas kendaraan di Pelabuhan Merak lebih banyak dari biasanya dan beberapa kali ada hambatan dari alam.

Sumber: Kompas TV, Antara

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/192214178/pelabuhan-merak-macet-8-jam-pemudik-sampai-terlewat-jadwal-kapal-padahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke