Salin Artikel

Rest Area Km 456 Salatiga "Overload", Kendaraan Pemudik Parkir di Bahu Jalan Tol

UNGARAN, KOMPAS.com - Para pemudik yang beristirahat di Rest Area Km 456 memilih memarkir kendaraannya di bahu jalan. Langkah ini dilakukan karena area parkir di rest area overload.

Property Management Head Resta Pendopo Km 456 Raymond Aditya mengatakan, kapasitas normal kendaraan yang parkir sebanyak 77 mobil.

"Namun karena ini musim mudik dan ada lonjakan arus, bisa kita maksimalkan hingga 170 kendaraan," jelasnya, Jumat (29/4/2022).

Raymond mengungkapkan, lonjakan yang terjadi saat ini memang sangat signifikan. Pada hari biasa, jumlah kunjungan sekitar 7.000 orang, namun saat ini mencapai 30.000 orang per hari.

Menurutnya, Resta Pendopo menjadi favorit pemudik karena menjadi tujuan istirahat setelah lelah berkendara.

"Bisa dikatakan ini adalah titik tengah, atau titik lelah setelah berkendara dari wilayah Jabodetabek ke arah timur. Di sini juga fasilitas yang tersedia komplit, ada tambahan bengkel dan SPBU modular juga," beber Raymond.

Sementara Iptu Muh Ali, Kaposyan Rest Area Km 456 mengungkapkan, sejak Rabu (27/4/2022) mulai ada peningkatan pemudik yang beristirahat.

Bahkan kendaraan yang akan masuk rest area harus mengantre. 

Untuk itu, petugas melakukan buka-tutup akses ke rest area. Biasanya dilakukan setiap 10-15 menit, tergantung kondisi di lapangan.

"Kondisional tergantung arus," ungkap Ali.

Ali menjelaskan, seluruh petugas dari kepolisan dan keamanan Resta Pendopo dikerahkan untuk memberi kenyamanan kepada pemudik.

Termasuk yang parkir di bahu jalan diimbau untuk istirahat di rest area selanjutnya.

"Tapi karena alasan kelelahan, sudah tidak fokus mengemudi, kita beri pengamanan," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/172924278/rest-area-km-456-salatiga-overload-kendaraan-pemudik-parkir-di-bahu-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke