Salin Artikel

H-3 Lebaran, Jalan Tol dan Non-tol Menuju Pelabuhan Merak Banten Macet

CILEGON, KOMPAS.com - Pada H-3 Lebaran 2022 atau Jumat (29/4/2022), kondisi di jalur non-tol dan tol dipadati kendaraan pemudik yang menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Antrean kendaraan pada Jumat (29/4/2022) dini hari terjadi mulai dari depan alun-alun Kota Cilegon hingga Pelabuhan Merak sejauh 10 kilometer.

Kepadatan imbas dari dikeluarkannya semua kendaraan dari Tol Tangerang-Merak melalui Gerbang Tol Cilegon Timur dan Cilegon Barat.

Pantauan Kompas.com pada Jumat (29/4/2022) pukul 00.30 WIB, kendaraan dari arah Jakarta menuju Merak dikeluarkan oleh pihak kepolisian di Gerbang Tol Serang Barat.

"Iya itu (kepadatan kendaraan di jalur arteri) dampak antrean di dalam tol, jadi kita harus keluarkan di akses-akses tol karena dampaknya antre di tol lebih bahaya dari pada arteri," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo saat dihubungi. Jumat (29/4/2022).

Yusuf menilai, kendaraan lebih baik dikeluarkan ke jalan arteri dibandingkan harus mengantre lama di dalam tol.

"Kalau di jalan arteri kan ada kamar mandi, ada mushala, ada rumah makan, ada jajanan. Kalau di tol kan seyogyanya tidak ada. Makanya kita meminimalisasi untuk mengeluarkan ke jalan menuju arteri," ujar Yusuf.

Kendati demikian, memang langkah ini berdampak pada kemacetan panjang kendaraan pemudik yang akan menuju Pelabuhan Merak.

"Dampaknya pasti ada kepadatan. Tapi semuanya akan berjalan dan terurai, sekarang sudah mulai bergerak," kata Yusuf.

Sementara itu, untuk jalur Cikuasa Atas atau setelah keluar gerbang Tol Merak kendaraan mengantre karena polisi memberlakukan sistem buka tutup kendaraan karena kantong parkir di Pelabuhan Merak padat.

"Kondisinya sekarang merah, Cikuasa Atas kita berlakukan buka tutup karena di situ jadi kantong parkir," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/125025078/h-3-lebaran-jalan-tol-dan-non-tol-menuju-pelabuhan-merak-banten-macet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke