Salin Artikel

Jelang Lebaran, Sandiaga Uno dan Gibran Cek Kesiapan Mudik di Terminal Tirtonadi

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan pengecekan kesiapan Mudik 2022 di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.

Pantuan Kompas.com, Sandiaga dan Gibran Rakabuming tiba pada pukul 11.00 WIB. Mereka langsung masuk ke kawasan terminal.

Mereka melakukan pengecekan posko mudik, dilanjutkan meninjau vaksinasi booster yang disediakan di Terminal Tirtonadi.

"Kami mengecek kesiapan dari Posko Adem Mudik Aman dan Sehat, sesuai dengan arahan Presiden bahwa kita harus pastikan para pemudik ini mematuhi protokol kesehatan dan juga secara aman dan nyaman," kata Sandiaga, di Terminal Tirtonadi, pada Jumat (29/4/2022).

Selama melakukan pengecekan, terdapat panggung hiburan yang disediakan.

Tampak  menampilkan grup pop punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti.

Saat Sandiaga Uno dan Gibran di lokasi, Erix Soekamti menyayikan lagu 'Sampai Jumpa', yang diikuti riuh nyanyian dan tepuk tangan para pemudik yang memadati kawasan lobi Terminal Tirtonadi.

"Ada hiburan dan ini kelihatannya dan saya harapkan ini Terminal Tirtonadi ini menjadi terminal yang luar biasa. Ini jadinya Terminal yang menawarkan konsep ruang publik ramah lingkungan dan tempat yang multifungsi ada kuliner juga di atas," ujar dia.

Data Terminal Tirtonadi, menjelaskan puncak arus mudik di Terminal Tirtonadi sudah terlihat sejak Kamis (28/4/2022) peningkatan mencapai 20-30 persen.


Sedangkan untuk Jumat (29/4/2022) hari ini, peningkatan mencapai 60-80 persen.

"Terima kasih Mas Wali dan para forkopimda di sini yang sudah memastikan relaksasi kebijakan ini tetap dipatuhi. Protokol kesehatan secara ketat dan disiplin tadi saya juga sudah mencoba fasilitas check in-nya," kata Sandiaga.

Sandiaga juga menjelaskan ada sekitar 15 titik posko mudik yang didirikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ada 15 titik lainnya, memberikan kemudahan bagi para pemudik. Agar mudik aman dan sehat ini bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi. Terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," kata dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, kesiapan mudik di Terminal Tirtonadi sudah siap.

"Pengecekan mudik sama kayak Pak Sandiaga. Seperti hari ini sudah siap, tenang saja," kata Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/122630578/jelang-lebaran-sandiaga-uno-dan-gibran-cek-kesiapan-mudik-di-terminal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke