Salin Artikel

Warga Pekanbaru Diminta Lapor Ketua RT Sebelum Mudik Lebaran

PEKANBARU, KOMPAS.com - Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengimbau warga agar melapor kepada ketua RT di lingkungan tempat tinggalnya sebelum mudik lebaran.

Hal itu agar Satuan Tugas (Satgas) Rumah Kosong dari kepolisian bisa melakukan patroli di pemukiman yang ditinggal mudik penghuninya.

"Bagi warga yang pulang kampung saat mudik Lebaran, diharapkan melapor kepada ketua RT setempat atau ke tetangga yang tak pulang kampung. Bila sudah dititipkan, maka para tetangga dan ketua RT bisa waspada," kata Firdaus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Firdaus juga telah meminta petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mengingatkan warga di perumahan agar melapor ke RT saat hendak mudik.

Dia mengatakan, rumah kosong yang ditinggal mudik rawan pencurian.

"Rumah kosong juga rawan terhadap kebakaran. Jadi, saya mengimbau warga yang akan pulang kampung agar memastikan semua yang berhubungan dengan listrik dan kompor (dimatikan)," ucap Firdaus.

Dia meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus cepat tanggap menangani kebakaran lebih awal.

Menurutnya, kawasan yang rawan itu adalah kampung lama yang jaringan listriknya sudah tua.

Sebelumnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi dalam rapat bersama Forkopimda Pekanbaru dua hari lalu, mengatakan bahwa pihaknya telah membuat Satgas Rumah Kosong (Rumsong). Berdasarkan data sebelumnya, banyak kejadian pencurian di rumah kosong.

"Kami berupaya mengantisipasi ini dengan membuat Satgas Rumsong. Saya juga minta Camat dan Lurah memberikan data kepada kami mengenai permukiman masyarakat yang ditinggal mudik," ujar Budi.

Para Camat dan Lurah, tambah dia, diminta berkoordinasi dengan para kapolsek.

Sebab, kepolisian akan melakukan patroli di kawasan yang permukimannya ditinggal mudik.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/073638878/warga-pekanbaru-diminta-lapor-ketua-rt-sebelum-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke