Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Ade Yasin Bantah Suap Auditor BPK | Kasatlantas Lampung Tengah Dicopot, Diduga Terjerat OTT

KOMPAS.com - Bupati Bogor Ade Yasin telah mengenakan rompi oranye Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan intensif.

Lembaga antirasuah tersebut menetapkan Ade sebagai tersangka dugaan suap pengurusan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2021.

Terkait motif, KPK mengatakan bahwa Ade Yasin berkeinginan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Tahun Anggaran 2021 dari BPK Perwakilan Jawa Barat (Jabar).

Berita lainnya, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Lampung Tengah berinisial AKP EWD dicopot dari jabatannya.

Hal ini diduga berkaitan dengan terjeratnya ia dalam operasi tangkap tangan (OTT) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

Pencopotan itu disahkan usai Kapolda Lampung menerbitkan Surat Telegram nomor ST/296/IV/KEP/2022.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Kamis (28/4/2022).

Ade Yasin telah ditetapkan tersangka dugaan suap pengurusan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2021.

Meski demikian, Ade membantah melakukan suap kepada auditor BPK untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Korupsi (WTP)

Menurut KPK, Ade berkeinginan agar Pemkab Bogor kembali mendapat predikat WTP untuk Tahun Anggaran 2021 dari BPK Perwakilan Jabar.

Ia menuturkan, dirinya dipaksa bertanggung jawab atas inisiastif anak buahnya yang melakukan suap.

Ia mengaku tak pernah memerintahkan anak buahnya untuk memberikan suap kepada BPK.

"Saya dipaksa untuk bertanggung jawab terhadap perbuatan anak buah saya. Sebagai pemimpin, saya harus siap bertanggung jawab," ujarnya, Kamis (28/4/2022).

Baca selengkapnya: Resmi Pakai Rompi Oranye KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Bantah Suap Auditor BPK: Inisiatif Membawa Bencana...

Kasatlantas Polres Lampung Tengah berinisial AKP EW dicopot dari jabatannya.

Pencopotan ini diduga berkaitan dengan OTT Divpropam Mabes Polri terhadap dirinya.

Berdasarkan informasi dari internal Polres Lampung Tengah, OTT itu dilakukan Divpropam Mabes Polri terkait pembuatan SIM pada Minggu (24/4/2022).

Ketika dimintai keterangan, Kepala Bidang Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad tak menyebut adanya OTT secara gamblang.

Hanya saja, Pandra membenarkan ada petugas dari Divpropam Mabes Polri datang ke Polres Lampung Tengah untuk program pengawasan kinerja kepolisian.

"Benar ada anggota Divisi Propam Mabes Polri ke Polres Lampung Tengah untuk pengawasan, ini tidak hanya di Lampung, tetapi juga di seluruh Indonesia," Rabu (27/4/2022).

Baca selengkapnya: Diduga Terkena OTT Mabes Polri, Kasatlantas Lampung Tengah Dicopot

Sidiq Wibowo (34) dan rekannya, Wi Nur Huda (30), dianiaya oleh orang tak dikenal di tengah hutan pada Minggu (24/4/2022) malam.

Peristiwa terjadi di tengah hutan di jalan Desa Wonorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Kedua perantau itu awalnya dijemput oleh dua kerabatnya dengan menggunakan dua motor di wilayah Exit Tol Dumpil.

Sewaktu melintas Desa Wonorejo, keduanya tidak curiga.

Namun, setelah keluar perkampungan menuju hutan perbatasan Desa Wonorejo dan Desa Randualas, ternyata ada sepeda motor ditumpangi dua orang yang membuntuti mereka.

Terduga pelaku menendang sepeda motor yang dinaiki Sidiq. Mereka juga beberapa kali mencoba menyerang korban, tetapi korban selalu menghindar.

"Saya tahan saja agar tidak terjadi perkelahian karena saya pulang ini mau menikmati Idul Fitri, masak harus berurusan dengan hukum," ucapnya, Selasa (26/4/2022).

Baca selengkapnya: Pulang Merantau dari Kalimantan, 2 Pemuda Madiun Dianiaya di Tengah Hutan, Pelaku Sempat Teriak Begal

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait mahalnya harga tiket pesawat dari dan ke provinsi ujung barat Indonesia tersebut saat mudik Lebaran 2022.

"Surat Gubernur Aceh tersebut menyikapi lonjakan harga tiket pesawat dari dan ke Aceh, terutama menjelang Idul Fitri 1443 H," ungkap Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA di Banda Aceh, Kamis.

Ia menuturkan, berdasarkan penelusuran di penjualan online, harga tiket Jakarta - Aceh mencapai Rp 9,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Padahal, saat normal, harga tiket sebesar Rp 2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Selain mengirimkan surat kepada Jokowi, Gubernur Aceh juga menyurati beberapa maskapai penerbangan.

Baca selengkapnya: Gubernur Aceh Surati Jokowi gara-gara Harga Tiket Pesawat Meroket hingga Rp 9,6 Juta Sekali Jalan

Mbok Yem, penjual makanan di puncak Gunung Lawu, ditandu turun untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya.

Keponakan Mbok Yem, Syaiful Gimbal, menjelaskan, Mbok Yem turun dari puncak Gunung Lawu pada Rabu (27/4/2022) siang.

Usai turun dari Gunung Lawu, Mbok Yem dibawa menuju kediaman keluarga besarnya di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk merayakan Lebaran.

"Mungkin seminggu lah di rumah untuk merayakan Lebaran," terangnya, Kamis.

Aksi Mbok Yem ditandu dari Gunung Lawu sempat terekam dalam video. Video itu lantas menjadi perbincangan warganet.

Baca selengkapnya: Viral Video Mbok Yem Ditandu Turun dari Gunung Lawu untuk Rayakan Lebaran

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya; Kontributor Magetan, Sukoco | Editor: Rachmawati, Khairina, David Oliver Purba, Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/061500978/-populer-nusantara-ade-yasin-bantah-suap-auditor-bpk-kasatlantas-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke