Salin Artikel

Titik Nol IKN Nusantara Bakal Ditutup Selama Libur Lebaran

Bahkan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, lokasi IKN masih menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu berliburnya.

Namun kawasan IKN terutama Titik Nol bakal ditutup saat libur Lebaran nanti. Hal ini agar menghindari kerumunan di lokasi IKN.

Yakni mulai 30 April hingga 3 Mei 2022 nanti. Pemkab PPU melalui Kecamatan Sepaku telah membuat pemberitahuan penutupan kawasan tersebut.

"Benar, kebetulan pengumuman itu saya yang buat. Saya juga sudah berkoordinasi pihak terkait baik perusahaan maupun kepolisian dan TNI untuk sepakat menutup sementara Titik Nol IKN dari tanggal 30 April sampai 3 Mei, jadi empat hari ditutup," kata Sekretaris Camat Sepaku, Adi Kustaman saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Pertimbangan penutupan IKN ini dikarenakan beberapa faktor. Yang pertama karena adanya cuti Hari raya Idul Fitri, di mana para pekerja baik swasta maupun negeri meliburkan karyawannya, termasuk pekerja yang beraktivitas di kawasan IKN.

Meski begitu sejumlah petugas tetap akan disiagakan di lokasi IKN Nusantara guna melakukan pengawasan.

"Bukannya kita melarang masyarakat untuk ke lokasi IKN, memang itu suatu kebanggaan bagi kami warga Sepaku karena ada destinasi baru di sini. Tapi kami tegaskan sekali lagi bahwa itu bukan tempat wisata. Mengapa kami buka, itu untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa disinilah nanti negara akan memindahkan Ibu Kota Negara," jelasnya.

Semula pihaknya mengira pada bulan Ramadhan ini jumlah pengunjung akan berkurang. Namun justru pengunjung terus berdatangan, bahkan ada yang dari luar daerah.

Dari catatannya, setiap akhir pekan pengunjung bisa mencapai 1.000 orang. Hanya saja menjelang Lebaran ini jumlah pengunjung sekitar 500 sampai 700 orang saja.

"Khawatirnya nanti pas libur Lebaran justru semakin ramai karena ada yang pulang kampung, penasaran ingin lihat lokasi IKN," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/061500478/titik-nol-ikn-nusantara-bakal-ditutup-selama-libur-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke