Salin Artikel

Imbau Warga Rayakan Lebaran di Masjid, Kapolda Maluku: Takbir Keliling Rawan Kecelakaan

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengimbau kepada warga muslim di Maluku untuk tidak merayakan Lebaran dengan aksi konvoi dan hura-hura. Latif mengajak warga untuk merayakan Lebaran dengan melaksanakan takbiran di masjid.

Latif menyebut, takbir keliling dengan cara berkonvoi di jalan dapat membahayakan keselamatan berlalu lintas.

“Untuk kegiatan malam takbiran sebaiknya dilaksanakan di masjid-masjid. Ini yang lebih aman. Apalagi melakukan takbiran keliling menggunakan truk-truk atau kendaraan bak terbuka, ini konvoi keliling sangat rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Latif di ruang kerjanya, Kamis (28/4/2022).

Imbauan itu disampaikan Latif saat bertemu dengan Ketua Sinode GPM Maluku, Elifas Maspaitela dan MUI Maluku, Abdullah Latuapo, di ruang kerjanya.

“Jangan karena terlalu berlebihan, malah terjadi kecelakaan atau masalah yang kemudian tidak bisa berlebaran bersama keluarga di hari yang Fitri (suci) nantinya," katanya.

Dalam pertemuan itu, Latif bersama dua pimpinan umat tersebut juga membahas situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) dalam rangka menyambut lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

“Tadi saya, Ketua Sinode GPM dan Ketua MUI Maluku bertemu untuk membicarakan terkait situasi kamtibmas di Maluku menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2022,” kata Kapolda.

Dalam pertemuan itu, Kapolda mengajak GPM dan juga MUI Maluku untuk membantu pihak kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

“Kami berharap Lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan penuh kedamaian. Dan, saya, ketua GPM dan ketua MUI Maluku menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri tahun 2022,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Latif juga mengimbau masyarakat agar dapat bersama-bersama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Bagi warga yang akan melaksanakan perjalanan mudik agar memperhatikan keamanan, keselamatan dan kesehatan.

“Semoga perjalan mudik basudara semua berjalan aman, dan sehat,” harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/215322578/imbau-warga-rayakan-lebaran-di-masjid-kapolda-maluku-takbir-keliling-rawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke