Salin Artikel

Mudik 2022, Pemudik ke NTB Diprediksi Mencapai 2,5 Juta Orang

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Arus mudik menuju Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai terlihat. Kepolisian Daerah NTB memprediksi jumlah pemudik yang masuk ke NTB pada Lebaran tahun ini mencapai 2,5 juta orang.

Kepala Bidang Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto mengatakan, berdasarkan hasil pantauan Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda NTB di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB, pergerakan arus mudik di pelabuhan tersebut mulai terlihat sejak dua hari terakhir.

"Prediksi kita akan ada 2,5 juta orang akan masuk ke NTB. Ini sudah mulai terlihat dari pergerakan arus mudik dalam dua hari terakhir," kata Artanto di Mataram, Kamis (28/4/2022).

Pihaknya mencatat, pada Rabu (27/4/2022), sebanyak 1.310 unit kendaraan, baik roda dua maupun roda empat sudah masuk ke Pulau Lombok, NTB, melalui Pelabuhan Lembar. Jumlah itu meningkat 701 persen dibandingkan dengan periode yang sama di bulan puasa tahun lalu.

"Sehingga bisa dikatakan sudah ada peningkatan arus mudik tahun ini yang cukup signifikan," ujarnya.

Karena itu, Polda NTB dan polres jajaran telah mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan dengan memberikan pelayanan dan pengamanan kepada pemudik.

Polda NTB menyiapkan 35 pos di seluruh titik yang tersebar di seluruh polres jajaran Polda NTB. Personel di pos itu akan mengatur arus lalu lintas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik.

"Pengamanan juga dilaksanakan dengan tetap mengawasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sesuai dengan amanah Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo," Ungkapnya.

Pelabuhan Lembar mulai ramai

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, sepanjang Kamis, pergerakan arus kedatangan pemudik dari Pelabuhan Padangbae Bali menuju ke Lembar terlihat ramai.

Sebagian besar pemudik menggunakan motor roda dua, sisanya menggunakan jasa angkutan bus berkapasitas 48 tempat duduk. Puluhan bus terpantau telah masuk ke Lombok sepanjang hari ini.


General Manager ASDP Cabang Lembar, Muhammad Yasin mengatakan, kenaikan kedatangan penumpang ke Lombok masih normal. Meski demikian, sebanyak 22 kapal fery telah disiapkan untuk mengangkut penumpang dari dan menuju Lembar.

"Dalam sehari kita operasikan 13 armada untuk penyeberangan Lombok-Bali, dalam sekali angkut jumlah kendaraan yang mampu ditampung sebanyak 30 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat," kata Yasin saat ditemui di kantornya, Kamis (28/4/2022) sore.

Yasin memprediksi, kepadatan arus mudik di Pelabuhan Lembar akan terjadi pada Jumat hingga Minggu atau H-3 hingga H-1 Lebaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/205839178/mudik-2022-pemudik-ke-ntb-diprediksi-mencapai-25-juta-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke