Salin Artikel

Ratusan Sepeda Motor Pemudik Gratis Kemenhub Tiba di Terminal Tirtonadi Solo

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto mengatakan, rencananya truk pengangkut sepeda motor milik peserta program mudik gratis yang tiba di terminal ada 13 truk.

Rinciannya tujuh truk mudik gratis Kemenhub, empat truk Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, dan dua truk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

"Sekarang yang sudah tiba di terminal ada enam truk dengan mengangkut 180 sepeda motor milik peserta program mudik gratis," kata Joko ditemui di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Sepeda motor peserta mudik gratis yang tiba di terminal langsung diberi jatah bensin sebanyak satu liter karena sewaktu diangkut truk dalam keadaan kosong atau kering.

Setelah itu sepeda motor tersebut diparkirkan di lantai dua terminal supaya tidak mengganggu bus yang keluar masuk terminal.

"Karena keterbatasan terminal dan pelayanan reguler, setelah (kendaraan) turun dan dibongkar kita bawa ke atas semua. Besok atau nanti malam kita tata di sana sesuai dengan manifest pemilik," ungkap dia.

Sementara pemilik sepeda motor mudik gratis masih dalam perjalanan menuju ke Solo. Para pemudik ini diberangkatkan dari Jakarta pada hari ini dan besok. Para pemudik ini untuk tujuan wilayah Solo dan sekitarnya.

Joko mengungkap bus program mudik gratis yang masuk terminal ada sebanyak 114 armada. Rinciannya 70 bus mudik gratis Kemenhub, 40 bus DKI Jakarta, dan 4 bus Pemprov Jateng.

"Pemberangkatan (mudik orang) tadi pagi dan besok. Biasanya kalau kondisi tidak ada keterlambatan 6 sampai 7 jam sampai terminal," kata Joko.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/182513778/ratusan-sepeda-motor-pemudik-gratis-kemenhub-tiba-di-terminal-tirtonadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke