Salin Artikel

Puncak Arus Mudik di Jalur Pantura Rembang Diprediksi H-3 Lebaran

Kasatlantas Polres Rembang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Indra Jaya mengatakan arus mudik  di jalur Pantura Rembang akan mulai terjadi pada Jumat (29/4/2022) malam.

"Puncak arus mudik di Rembang diprediksi itu kisaran hari Jumat malam, Sabtu, dan Minggu," ucap Indra Jaya saat dihubungi kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Maka dari itu, pihaknya mengimbau calon pemudik yang akan melewati jalur pantura Rembang sebaiknya tidak melakukan perjalanan pada hari-hari tersebut.

"Kita mengimbau masyarakat yang bisa berangkatnya mendahului, bisa mendahului saja, biar tidak terjadi penumpukan di hari itu," kata dia.

Sampai saat ini, jalur Pantura di wilayah Rembang masih terpantau lancar dan cukup landai. Namun, sejumlah kendaraan yang berasal dari luar Rembang juga mulai melintasi wilayah tersebut.

Indra menjelaskan pihaknya telah mendirikan lima pos dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 kali ini.

"Untuk pos pelayanan itu berada di alun-alun kota Rembang, untuk pos pengamanan itu ada di Kaliori, Bulu, Sale dan Sarang," kata dia.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan jika terjadi pemberlakuan one way ganjil genap di jalan tol, maka hal tersebut akan berdampak pada kepadatan lalu lintas di jalur Pantura ataupun jalur arteri.

Pihaknya pun sudah mempersiapkan upaya-upaya untuk mengatasi penumpukan arus lalu lintas di jalur pantura nantinya.

"Kita antisipasi itu untuk jalur arteri atau jalur Pantura, karena dialihkan lewat pantura yang mau ke arah Jakarta. Untuk mengantisipasinya kita sudah menyiapkan tim urai jalur pantura yang mau ke Barat ataupun ke Timur. Terus juga tim quick response mulai BPDB, laka, sehingga untuk memperlancar arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang cukup lama," terang dia.

Selain itu, rekayasa jalur lalu lintas juga telah disiapkan untuk mengatasi kemacetan yang biasanya terjadi di jalur Pantura.

"Kalau seandainya jalur Pantura atau arteri utama ini putus, kita sudah berkoordinasi dengan polres tetangga Tuban, Blora, Pati. Misalkan pemudik mau ke Surabaya kita arahkan dari Blora lewat Bojonegoro, Ngawi lalu lewat tol, atau lewat Sale. Begitu juga yang mau mengarah ke barat, bisa lewat Sumber, Jaken, Jakenan Pati, seperti biasa," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/173339078/puncak-arus-mudik-di-jalur-pantura-rembang-diprediksi-h-3-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke