Salin Artikel

Waktu Tunggu IGD 8 Jam, Direksi RSUD Soedarso Pontianak Beri Penjelasan Begini

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dianggap masih belum maksimal.

Hal ini lantaran waktu tunggu pelayanan di ruang instalasi gawat darurat (IGD) bisa lebih dari 7 sampai 8 jam. Sementara masa tunggu ideal paling lama 6 jam.

Wakil Direktur RSUD Soedarso Pontianak Ahmad Priyono mengaku ada beberapa penyebab waktu tunggu IGD 8 jam. Di antaranya, ruangan rawat inap penuh.

"Karena RSUD Soedarso merupakan rujukan tertinggi, maka pasien tetap dilayani dan sementara dirawat di ruangan transit yang berdekatan dengan IGD," kata Priyono saat dihubungi, Kamis (28/4/2022).

Selain itu, lanjut Priyono, seorang pasien bisa lebih dari 6 jam di IGD karena dalam observasi persiapan sebelum dipulangkan.

"Namun ada juga pasien tidak ada indikasi rawat inap tetapi pasien tidak mau pulang," jelas Priyono.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Pontianak, Harisson menilai pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan utama tersebut masih belum maksimal.

Harisson mengatakan, hal tersebut karena masih ada sarana dan prasarana kurang, seperti ruangan dan tempat tidur.

"Sarana prasarana di RSUD Soedarso masih minim. Seperti jumlah tempat tidur dan ruangan. Ini yang jadi kendala dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pasien," kata Harisson kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Harisson menerangkan, keterbatasan ruangan yang menyebabkan waktu tunggu pelayanan di ruang IGD menjadi lama.

"Setelah kami lihat, ruang di Soedarso sangat terbatas, sedangkan rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan di Kalbar serta sebagai rumah sakit pemerintah yang melayani Jaminan Kesehatan Nasional BPJS," ucap Harisson.

Harisson melanjutkan, saat ini sedang dibangun gedung baru rumah sakit. Sehingga diharapkan keluhan masyarakat terkait pelayanan sudah tidak banyak lagi.

Namun demikian, dengan segala keterbatasan, Harisson mengimbau kepada seluruh petugas RSUD Soedarso Pontianak untuk tetap memberikan pelayanan maksimal. Salah satunya dengan  membuat pasien merasa nyaman dan merasa seperti berada di rumah saat menjalani masa rawat inap.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/145900878/waktu-tunggu-igd-8-jam-direksi-rsud-soedarso-pontianak-beri-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke