Salin Artikel

Polisi Olah TKP Dugaan Pencemaran Limbah Berwarna Coklat di Teluk Bima

Pengecekan dugaan limbah tersebut dipimpin langsung Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra dan dibantu Danramil 1608-01 Rasanae, Kapten Inf Seninot Sribakti, Kapolsek Rasanae Barat AKP Suhatta, dan Kasat Binmas AKP Sulaiman Kasat Intelkam AKP Made Wikerta Yasa.

Kasi Humas Polres Bima Kota Iptu Jufri Rama mengatakan, pengecekan penyebaran buih dilakukan dengan drone dan dilanjutkan pemetaan sisa penyebaran cairan jelly foam pada pesisir Teluk Bima.

"Olah TKP dilaksanakan oleh Inafis Satreskrim Polres Bima Kota bersama Lingkungan Hidup Kota Bima dengan mengambil sampel cairan dan melaksanakan uji sampling dan dikirim ke laboratorium untuk pengujian sampling," kata Jufri dalam keterangan tertulis, Kamis.

Dari hasil uji sampel DLH Kota Bimo ditemukan bahwa buih limbah yang tercecer di tempat tersebut tidak mengalami pembakaran. 

"Dari hasil uji sampel DLH Kota Bima, tidak terbakar atau tidak tersulut api," kata Jufri.

Sebelumnya, Kadis LHK NTB Madani Mukarom menyampaikan, pihaknya tengah melakukan penanganan untuk mengecek kepastian atas dugaan limbah tersebut.

Mukarom juga telah menyurati PT Pertamina Niaga-Regional Jatim Balinus Integrated Bima terkait dugaan kebocoran pipa yang menyebabkan munculnya limbah. 

Pihaknya juga meminta Pertamina membantu proses pembersihan Teluk Bima dengan sarana yang tersedia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/124724778/polisi-olah-tkp-dugaan-pencemaran-limbah-berwarna-coklat-di-teluk-bima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke