KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah
Salin Artikel

Pemerintah Gelontorkan Rp 335 Miliar untuk 233 Warga Terdampak Tambang Andesit di Wadas

KOMPAS.com – Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak, Dwi Purwantoro mengatakan, pemerintah menggelontorkan RP 35 miliar untuk warga terdampak tambang andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

“Hari ini pembayaran yang dilakukan totalnya 296 bidang. Total nilainya kurang lebih Rp 335 miliar. Total luasan yang hari ini kami bayarkan di Desa Wadas 46,6 hektar (ha)," katanya.

Dia mengatakan itu dalam kegiatan Pemberian Uang Ganti Kerugian dan Pelepasan Hak Atas Tanah Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum bagi Pembangunan Bendungan Bener Desa Wadas Kecamatan Bener di Kabupaten Purworejo di Balai Desa Cacaban Kidul, Rabu (27/4/2022).

Dwi menyebutkan, pihaknya berterima kasih kepada warga yang merelakan tanahnya untuk bahan pembangunan kuari Bendungan Bener.

Menurutnya, nilai uang ganti itu berdasarkan kesepakatan dengan warga setelah melakukan proses musyawarah. Dengan demikian, warga terdampak telah mengetahui nilai yang akan mereka terima.

"Jadi enggak ada yang istilahnya tanahnya diambil, terus tidak dibayar, itu tidak ada," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Pasalnya, kata Dwi, pemerintah selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat. Oleh karenanya, kalau ada isu warga diminta datang tapi tidak dibayar, hal itu tidak benar.

Dia menambahkan, penerima ganti untung akan menerima sesuai dengan nilai yang tertulis di daftar nominatif. Dengan begitu, tidak ada kekurangan satu rupiah pun saat warga menerima uang ganti untung.

"Dari kami, pemerintah tidak melakukan pemotongan atau pengurangan satu rupiah pun," tegasnya.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Purworejo Andri Kristanto menambahkan, pembayaran 296 bidang tersebut diperuntukkan bagi 233 orang.

Pihaknya pun membagi uang ganti untung menjadi dua hari, yaitu Rabu (27/4/2022) dan Kamis (28/4/2022).

"Hari ini untuk dibagikan ke 162 bidang tanah dengan jumlah orang 129 orang. Keesokan harinya akan dilakukan hal serupa ke 134 bidang. Dengan jumlah orang 104 warga," katanya.

Andri mengatakan, adanya bukti pemberian uang ganti hari ini menunjukkan pemerintah serius melakukan pembebasan dan membayar uang ganti untung mengingat nilainya lebih besar dibandingkan harga di pasaran.

Dia pun berharap, warga Wadas yang belum mau membebaskan lahannya bisa tergerak untuk melakukan hal serupa.

"Untuk warga yang belum menerima, bisa tergerak untuk membebaskan lahannya seperti warga lain yang pada saat ini menerima uang ganti untung," ucapnya.

Sementara itu, Sugiyarto, salah satu warga Desa Wadas menerima uang ganti untung dalam jumlah besar, yaitu sekitar Rp 7 miliar.

Jumlah tersebut dia dapatkan karena lahan miliknya seluas 3.449 meter persegi. Tanaman di dalamnya seperti pohon durian dan sengon juga dihitung sehingga menambah banyak perhitungan ganti untung miliknya.

"Rencana saya mau beli tanah sawit di Kalimantan. Mau beli mobil juga buat usaha dan sedekah," katanya.

Sugiarto menyebut pembayaran tanah itu sangat menguntungkan. Jika tidak dibeli pemerintah, tanah miliknya hanya laku dijual murah.

"Ya rezeki kayak gini. Seneng banget. Senanglah. Kalau tanah dijual paling berapa. Ini tiba-tiba sampai untung sekian. Melebihi. Ini untung, enggak rugilah," ungkap Sugiyarto.

Penerima ganti untung lainnya, Siti Rodhiyah, mengaku menerima uang ganti sebesar Rp 2 miliar. Dia bersyukur atas uang ganti untung yang diterimanya.

"Rencana mau buat beli sawah. Sudah ada yang menawarkan. Cuma saya belum (mau) karena belum ada uang, kan (sebelum menerima uang ganti)," kata Rodhiyah.

Selain warga Wadas, ada juga warga Desa Cacaban Kidul yang memiliki lahan di Desa Wadas. Salah satunya adalah Miswan yang memiliki tanah seluas lebih dari 5.000 meter persegi.

Total Miswan menerima uang lebih dari Rp 8 miliar.

"Dapat Rp 8 miliar. Buat ganti (ganti) tanah. Senang bisa buat beli tanah. Luas lahan yang kena total sekitar 5.000 meter persegi dengan dominan tanam tumbuh, seperti durian, karet, mahoni," katanya didampingi anaknya Kutsiyah di lokasi pembagian uang ganti untung.

Miswan berencana menggunakan uang untuk membeli lahan sawit atau kebun karet agar menambah usaha produktif keluarga. Namun, rencananya yang utama adalah berangkat haji.

"Belum ada keinginan beli mobil. Utamanya untuk naik haji," ujar Kutsiyah.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/09352561/pemerintah-gelontorkan-rp-335-miliar-untuk-233-warga-terdampak-tambang

Bagikan artikel ini melalui
Oke