Salin Artikel

Raja Keraton Solo Pakubuwono XIII Serahkan Bingkisan Lebaran untuk Abdi Dalem

Bingkisan berisi beras 10 kilogram, mi instan, sirup, gula dan roti diserahkan secara simbolis kepada perwakilan abdi dalem.

Penyerahan bingkisan Lebaran itu dilakukan secara langsung Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwono XIII Hangabehi.

Pengageng Parentah Keraton Solo Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo mengatakan, pembagian bingkisan ini sebagai bentuk kepedulian Keraton Solo kepada warga yang membutuhkan.

"Jumlah semuanya sekitar 5.000 orang tapi tidak bisa langsung. Kalau hari ini diharapkan paling tidak 1.000 penerima," kata pria yang akrab disapa Gusti Dipo ditemui di Keraton Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Putra mendiang Raja Pakubuwono XII menyebut para abdi dalem yang menerima bingkisan Lebaran terdiri dari kerabat dalem, sentono dalem, parentah keraton, parentah keputren, serta masyarakat Baluwarti.

"Tapi (abdi dalem) yang berada di luar kota kan banyak nanti bergilir mengambil bingkisan melalui koordinasi-koordinasi. Ada dari Imogiri, Kotagede dan Purwodadi," terang Dipo.

Mengenai berapa besaran gaji para abdi dalem yang diberikan, jelas Dipo, masing-masing penerima berbeda. Besaran gaji disesuaikan dengan beban kerja para abdi dalem.

Namun demikian, Dipo enggan menyebutkan besaran gaji yang diterima oleh masing-masing para abdi dalem keraton.

"Berbeda-beda besarannya. Karena mereka masuknya juga berbeda-beda. Ada yang tiap hari, ada yang setiap Senin dan Kamis, ada yang tiap Rabu dan Sabtu. Jadi bergilir," terang Dipo.


Seorang abdi dalem Keraton Solo, KRAT Aris Warsito Yudhonegoro (74) mengaku senang diundang ke Keraton Solo untuk menerima bingkisan Lebaran dari Sinuhun PB XIII.

"Dengan bingkisan ini sangat bersyukur, Sampean Dalem ke-13 yang menyerahkan langsung. Merasa bahagia karena berhadapan dengan Sampeyan Dalem," kata dia.

Aris mengaku sudah puluhan tahun mengabdi di Keraton Solo. Selama ini dia dipercaya Keraton Solo sebagai pangarso koordinator prajurit keraton.

"Saya sudah 34 tahun di sini (Keraton Solo) sebagai abdi dalem," ucap Aris.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/27/150151378/raja-keraton-solo-pakubuwono-xiii-serahkan-bingkisan-lebaran-untuk-abdi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke