Salin Artikel

Mesin Top Up dan Kartu e-Toll Disiapkan di Gerbang Tol Manado-Bitung Selama Musim Mudik

Salah satu persiapan untuk menghadapi lonjakan pengguna yang dilakukan adalah adanya mesin top up dan penjualan kartu e-toll di semua gerbang tol.

"Total ada sekitar 40 alat top up, dan juga kami menyiapkan 1.000 buah kartu perdana apabila ada pemakai jalan yang ingin masuk ke jalan tol," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung Florysco Siahaan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Selain itu, PT JMB telah mengerahkan semua kendaraan-kendaraan operasional dalam mengahadapi arus mudik.

"Ada tiga mobil patroli, kemudian ada tiga mobil derek, kemudian ada satu kendaraan rescue, ada satu kendaraan ambulans, dan juga ada dua mobil patroli jalan raya (PJR) kita libatkan, dan satu kendaraan kamtibmas," ujarnya.

"Juga kami melibatkan mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk membantu kami mengantisipasi kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

PT JMB juga menyiapkan 43 kamera CCTV di ruas jalan, 10 kamera CCTV di gerbang tol, dan lima variable message sign untuk memberikan informasi perkembangan di lapangan.

Guna menjamin kenyamanan para pemudik, Tol Manado-Bitung juga membuat posko tepat di pintu masuk atau gerbang tol.

"Posko kita ada di gerbang tepatnya pertemuan tol dan arteri akses masuk gerbang Manado. Kemudian dari Bitung, posko ada di akses kawasan ekonomi khusus (KEK). Kalau yang di Bitung gabuang bersama stakeholder terkait. Tapi yang murni dari kami poskonya akses dari Manado," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/26/230850078/mesin-top-up-dan-kartu-e-toll-disiapkan-di-gerbang-tol-manado-bitung-selama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke