Salin Artikel

Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Dirut Pelni: Kami Siapkan Tambahan Kunjungan Kapal

Ia juga memantau kesiapan kapal dalam memberikan pelayanan kepada para penumpang.

70 kapal disiapkan

Situasi pemudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan terbilang cukup ramai. Ribuan penumpang memadati pelabuhan baik pemudik dari luar kota maupun dari Balikpapan.

Tri Andayani mengatakan, secara nasional, Pelni telah menyiapkan 70 kapal yang akan berlabuh di ratusan pelabuhan di seluruh Indonesia.

Total kursi yang disiapkan untuk mudik Lebaran tahun 2022 ini sebanyak 49.300 dalam satu kali keberangkatan.

"Adapun puncak arus mudik, Pelni memperkirakan tanggal 26 April. Jadi walaupun dalam dua hari ini di Balikpapan penumpang sudah hampir 2.000 orang, baik yang terusan maupun embarkasi dari Balikpapan sendiri," kata dia.

"Tapi sebenarnya ini bukan puncaknya, karena diperkirakan tanggal 26 nanti. Untuk arus balik, Pelni memprediksi akan terjadi pada tanggal 6 Mei nanti," lanjut dia.

Tri Andayani mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Seperti melakukan ramp check kapal, berkoordinasi dengan Pertamina dan BPH Migas terkait ketersediaan bahan bakar, serta penerapan protokol kesehatan.

"Kami juga melakukan penyesuaian rute. Salah satunya di Balikpapan ini ada penyesuaian rute dari satu kapal Balikpapan ke Surabaya karena penumpang yang dari Surabaya sangat banyak," papar dia.


"Dan kemudahan beli tiket bisa juga diakses secara otomatis atau mandiri. Lalu posko monitoring yang kita lakukan bersama Kementerian Perhuhungan dan instansi terkait. Kemudian kami juga melakukan monitoring dengan otoritas pelabuhan," jelasnya.

Ditanya soal tambahan kunjungan kapal dalam menghadapi lonjakan penumpang, Tri Andayani mengatakan Pelni telah menambah satu kunjungan kapal untuk membantu mengakomodasi para penumpang.

"Secara reguler di Balikpapan ada tiga kapal, Labobar, Lambelu dan Bukit Siguntang. Kalau Labobar ke Surabaya, kedua Bukit Siguntang ke Kupang dan Nunukan, dan yang hari ini Lambelu ke Larantuka dan ke Nunukan. Ada satu tambahan yang di re-rute, semula Omsini dia deviasi ke Balikpapan untuk membantu yang ke Surabaya tapi nanti tanggal 28 April," ungkapnya.

Ditanya soal lonjakan penumpang kapal, Tri mengatakan tahun ini meningkat hingga 133 persen, sementara di Balikpapan meningkat 100 persen dibanding tahun sebelumnya.

Tri menyebutkan, pelabuhan di Balikpapan masih terbilang tertib dalam penanganan penumpang. Padahal Pelabuhan Semayang menjadi salah satu pelabuhan terpadat di Indonesia.

"Atensi khusus sih enggak ada, cuma kami sudah sampaikan bahwa persiapan kita seperti itu. Kita juga koordinasi dengan teman-teman Pelindo, sehingga ketertibannya saya melihat di sini sangat baik walaupun penumpangnya mencapai lebih dari 2.000, hebat," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/24/190529878/pantau-arus-mudik-di-pelabuhan-semayang-balikpapan-dirut-pelni-kami-siapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke