Salin Artikel

Kemacetan Panjang di Jalintim Sumsel Terjadi hingga Minggu Sore, Bermula Truk Terperosok, Ini Jalur Alternatifnya

Kendaraan di jalan yang menghubungkan antara kota Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Lubuk Linggau, hingga Jambi dan Bengkulu mengalami penumpukan sehingga tidak bisa dilalui.

Kondisi kemacetan ini telah berlangsung sejak Sabtu (23/4/2022) kemarin.

Kendaraan dari arah Palembang menuju ke Banyuasin maupun sebaliknya tak bisa melintas akibat adanya satu unit mobil truk tronton dengan pelat nomor BK 815AF terperosok di Jalintim hingga badan kendaraan tersebut melintang ke jalan.

Penyebab kemacetan

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Banyuasin Ricky Mozam mengatakan, kemacetan panjang itu tak dapat dihindarkan karena kondisi jalan yang sempit serta banyak kendaraan yang menerobos meski petugas telah mengatur jalan.

Menurut Ricky, petugas saat ini masih terus mengatur lalu lintas di Jalintim agar kemacetan dapat terurai.

"Banyak pengendara yang tidak sabar menunggu, akibatnya terjadi penumpukan. Sampai sekarang kami masih terus mengatur lalu lintas. Tronton itu terperosok karena tak kuat menanjak," kata Ricky.

Ditlantas Polda diterjunkan

Ricky menjelaskan, anggota Ditlantas Polda Sumsel pun telah diturunkan untuk ikut membantu mengurai kemacetan.

Ia menghimbau kepada para pengemudi maupun pemudik untuk tidak menerobos jalan dengan mengambil arah berlawanan sehingga kemacetan dapat segera teratasi.

"Kondisi jalan sekarang sudah sedikit terurai. Kami minta masyarakat yang melewati jalan ini untuk bersabar, jangan mengambil arah berlawanan karena itu bisa menambah kemacetan," ujarnya.


Jalur alternatif

Kasat Lantas Polres Muba AKP Sandi Putra menambahkan, kendaraan dari Muba yang hendak menuju ke Palembang atau sebaliknya bisa melewati jalur alternatif di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan.

Meski truk tronton yang terperosok sudah berhasil dievakuasi, kemacetan masih terjadi karena banyaknya kendaraan yang melawan arus jalan.

"Sehingga kami sarankan lebih baik leqat jalur alternatif PALI karena sampai sekarang masih terjadi penumpukan di Banyuasin," jelasnya

https://regional.kompas.com/read/2022/04/24/183753378/kemacetan-panjang-di-jalintim-sumsel-terjadi-hingga-minggu-sore-bermula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke