Salin Artikel

Mendekati Lebaran, Ribuan Pemudik Padati Stasiun Kutoarjo, Purworejo

Nampak para penumpang membawa tas-tas besar dan menunggu di kereta yang beberapa saat lagi akan berangkat. Mereka mengantre untuk dipersilakan masuk kereta oleh petugas.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi menjelaskan, pihaknya mencatat pada Jumat ada 1.479 orang yang berangkat dan turun dari Stasiun Pasar Kutoarjo.

Mendekati Lebaran, kata Ayep, penumpang yang naik dan turun dari Stasiun Kutoarjo rata-rata 2.000 penumpang dan pada puncaknya akan mencapai 3.000 lebih penumpang per hari.

"Pemudik sudah mulai meningkat dari biasanya, ini akan terus kita pantau," katanya pada Sabtu (22/4/2022)

Sementara ini ketersediaan tiket arus mudik masih banyak tersedia baik itu jurusan Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Jember, dan Ketapang. Namun ketersediaan tiket arus balik untuk beberapa jurusan sudah habis dipesan.

"Ketersediaan tiket tujuan Pasar Senen mulai tanggal 5- 10 Mei sudah habis. Tujuan Gambir tanggal 6-10 sudah habis, sedangkan tujuan Bandung tanggal 6-9 sudah habis," katanya.

Ayep menambahkan, selain tanggal tersebut tiket untuk arus balik masih tersedia. Arus balik sendiri diperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang pada 7 Mei sebanyak 3.784 orang.

"Untuk tanggal-tanggal yang lainnya masih banyak tersedia," katanya.

Pada masa angkutan Lebaran kali ini, PT KAI membuka pemesanan tiket mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

KAI juga akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik lebaran 1443 H.

“Kami mengingatkan kembali kepada calon pengguna jasa KA bahwa penjualan tiket pada masa angkutan Lebaran H-45 ditujukan agar pengguna jasa bisa lebih teliti untuk mempersiapkan diri dalam memilih tanggal perjalanannya dan tidak terfokus pada tanggal-tanggal tertentu,” katanya.

Selain kereta api yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo seperti KA Sawunggalih Malam Relasi Kutoarjo-Pasar Senen yang berangkat Pukul 07.00 WIB, KA Kutojaya Selatan Relasi Kutoarjo - Kiaracondong berangkat Pukul 09.45 WIB, dan KA Sawunggalih Malam Relasi Kutoarjo-Pasar Senen berangkat Pukul 19.00 WIB, pihaknya juga menyiapkan armada tambahan.

"Kita KA Tambahan Lebaran KA Kutujaya Utara Relasi Kutoarjo - Jakarta Kota berangkat pukul 17.10 WIB mulai jalan tanggal 21 April s.d 30 April 2022," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/23/210656878/mendekati-lebaran-ribuan-pemudik-padati-stasiun-kutoarjo-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke