Salin Artikel

Daftar Titik Rawan Macet di Jawa Tengah Saat Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Sejumlah titik di Jawa Tengah berpotensi mengalami kemacetan pasca pemerintah kembali mengizinkan kegiatan mudik pada Lebaran 2022 ini, setelah dua tahun terhalang pandemi Covid-19.

Perkiraan adanya titik rawan macet di Jawa Tengah ini diungkap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terutama dengan adanya kemungkinan lonjakan pemudik mulai Kamis, 28 April 2022 nanti.

"Perlu diantisipasi bersama bagi masyarakat yang akan bepergian dapat mengatur waktu perjalanan misalnya tidak pergi serentak pada saat puncak arus mudik," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi, dalam keterangan pers, Minggu (17/4/2022).

Guna mengantisipasi lonjakan dan kepadatan arus lalu lintas dalam masa arus mudik dan arus balik, pengendara diharapkan mewaspadai beberapa lokasi yang berpotensi terjadi kemacetan.

Potensi Titik Rawan Macet di Jawa Tengah

Daftar perkiraan titik rawan macet di Jawa Tengah pada arus mudik 2022 ada pada beberapa lokasi di jalur non tol.

Titik perkiraan kemacetan pertama ada di arah Magelang menuju Yogyakarta, Salatiga, dan Boyolali yang mengarah ke Kartasura.

Titik rawan macet berikutnya ditemukan di Pasar Losari, Simpang 3 Pejagan, Pasar Brebes, Terminal Tegal, Pasar Comal, Pasar Wiradesa Jalan Pemalang, Pasar Tumpah dan ruas Jalan Kaligawe di Kota Semarang.

Simpul kemacetan di jalur Pantura yang melintasi Jawa Tengah juga diprediksi terjadi di pasar tumpah Demak dan Jepara, perbatasan Kudus-Pati, Jalan Diponegoro Rembang, Pasar Rembang, Swalayan Luwes Blora, dan Pasar Jepon Blora.

Selain itu, perkiraan titik rawan macet yang lain meliputi Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo, Banyumanik, Semarang, Jalan Gatot Subroto Ungaran, Jalan Diponegoro Ungaran, perbatasan Bawen-Salatiga, Jalan Kartosuro, Pasar Payaman Magelang, Simpang 3 Keprekan, Simpang 3 Mendut, Simpang 3 Soedirman, dan Pasar Borobudur di Magelang.

Titik Rawan Macet di Tol Jawa Tengah

Dikutip dari Tribun Jateng, beberapa titik rawan macet juga akan ditemukan di ruas Tol Trans Jawa, sehingga perlu diwaspadai oleh pemudik.

Titik rawan macet yang pertama ada di ruas Tol Semarang-Solo yang tepatnya terletak di akses menuju Bawen.

Selain itu kemacetan juga berpotensi terjadi di ruas tol Solo-Ngawi, tepatnya di gerbang tol Colomadu Kartasura.

Titik rawan macet juga ditemukan pada ruas tol ABC atau Tol Semarang apabila diberlakukan satu arah atau one way, yaitu di simpang susun Krapyak.

Lebih lanjut, kepadatan berpotensi terjadi di simpang susun Jangli karena di lokasi tersebut awalnya ada dua jalur yang ujungnya menjadi satu jalur.

Kepadatan juga diprediksi terjadi di tanjakan Tembalang karena pada lokasi tersebut akan terjadi perlambatan kecepatan kendaraan.

Sementara itu di tol Semarang-Batang, kemacetan berpotensi terjadi di tempat istirahat atau rest area.

Kepadatan juga terjadi Tol Kalikangkung, di mana lokasi tersebut akan menjadi jalur yang dilewati pemudik untuk masuk ke tol ABC.

(Sumber: Kompas.com Editor : Aryo Putranto Saptohutomo, dan Tribun Jateng)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/23/140458778/daftar-titik-rawan-macet-di-jawa-tengah-saat-mudik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke