Salin Artikel

Daftar Titik Rawan Macet di Tol Trans Sumatera saat Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan wilayah Tol Trans Sumatera bakal mengalami kemacetan dalam arus mudik Lebaran atau Idul Fitri 2022.

Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan alasan kondisi kasus Covid-19 telah menurun.

Dengan keputusan itu, pemerintah menyatakan akan mengantisipasi terjadinya lonjakan dan kepadatan arus lalu lintas dalam masa arus mudik dan arus balik. Arus mudik diperkirakan akan dimulai pada 28 April 2022.

"Perlu diantisipasi bersama bagi masyarakat yang akan bepergian dapat mengatur waktu perjalanan misalnya tidak pergi serentak pada saat puncak arus mudik," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi, dalam keterangan pers, seperti dikutip dari Kompas.com (21/04/2022).

Berikut ini perkiraan titik kemacetan di Tol Trans Sumatera dalam arus mudik 2022.

Tiitik Rawan Macet Tol Trans Sumatera 

Jalan Tol Trans Sumatera diprediksi bakal menjadi andalan para pemudik antara Lampung-Palembang. Utamanya di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 km.

Kemudian ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,40 km, dan Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-SS Kramasan) sepanjang 37,62 km.

Titik rawan macet lainnya adalah Jalan Lintas Sumatera, perbatasan Riau dengan Sumatera Utara di daerah kabupaten Rokan Hilir. Titik kedua berada di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Sumatera Barat di Kabupaten Kampar.

Sedangkan, titik ketiga berada di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir. (Editor: Aryo Putranto Saptohutomo)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/23/134025578/daftar-titik-rawan-macet-di-tol-trans-sumatera-saat-mudik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke